Jambi (ANTARA News) - Bank Dunia akan mengucurkan bantuan dana bagi peningkatan jalan lingkar sepanjang 23 km menuju Pelabuhan Talang Duku, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi.

Kepala Dinas PU Provinsi Jambi Ivan Wirata di Jambi Sabtu mengatakan, bank dunia tahap awal akan mengucurkan dana Rp74 miliar untuk peningkatan jalan lingkar menuju Pelabuhan Talang Duku yang sekarang rusak berat.

Ia mengatakan, tahap awal peningkatan itu dimulai dari Simpag Rimbo hingga terminal Alam Berajo sepanjang 1,5 km.

"Jalan sepanjang 1,5 itu akan ditingkatkan dan dilebarkan menjadi 15 meter untuk empat jalur, supaya bisa mengurai kepadatan di pintu jalan menuju pelabuhan tersbut," katanya.

Jalan dari Simpang Rimbo hingga terminal Alam Berajo itu merupakan pintu semua kendaraan baik angkutan kota, bus antar kota antar provinsi (AKAP), bus antar kota dalam provinsi (AKDP), dan truk pengangkut berbagai komoditas.

Di ruas jalan sepanjang 1,5 km itu selalu ramai dan dipadati kendaraan, namun setelah melewati terminal kendaraan akan berkurang.

Jalan lingkar serpanjang 23 km menuju Pelabuhan Talang Duku tersebut, sembilan kilometer di antaranya juga akan didanai APBD Provinsi Jambi, dan sisanya kembali Bank Dunia yang akan membantu.

Jalan lingkar yang kini rusak berat tersebut telah menghambat kelancaran arus barang dari dan pelabuhan talang Duku, dan itu menimbulkan kerugian banyak pihak.

Ditingkatkannya jalan dengan 15 meter itu, maka kelancaran arus barang dari dan menuju pelabuhan Talang Duku akan terwujud.

"Segala kebutuhan masyarakat yang didatangakan lewat pelabuhan tersebut juga dan segera terpenuhi atau kelangkaan bisa diatasi," kata Ivan Wirata.

(M037)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011