Solo (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng meninjau sejumlah arena yang digunakan untuk pesta olah raga difabel ASEAN Paragames VI 2011 di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Menpora setibanya di Kota Solo, pertama mengunjungi Gedung Sritex Arena untuk cabang bulu tangkis, Stadion Sriwedari (cabang panahan), Diamont (Tenis Meja), wisma atlet asrama haji Donohudan, dilanjutkan ke Kolam Renang Tirtomoyo, dan lapangan tenis Manahan Solo.

Menurut Menpora, sejumlah arena yang akan digunakan APG VI di Solo ini, seluruh sudah siap baik arena, persiapan panpel, termasuk sudah dilakukan latihan gladi kotor untuk pembukaan, pada tanggal 15 Desember 2011.

"Arena semuanya sudah siap, dan ada beberapa titik tinggal finising," katanya.

Menurut Menpora, wisma atlet di Donohudan, dua lift sudah terpasang dan mulai dioperasikan. Termasuk kamar mandi wisma yang pintunya sudah diperlebar kursi roda atlet bisa masuk.

Wisma atlet memang sebelum masih untuk para jemaah haji, tetapi mulai Sabtu ini, sudah bergeser dan sekarang sudah kosong. Sehingga, wisma sekarang sedang dilakukan pembersihan seluruhnya.

"Arena APG di Solo sudah siap. Solo siap menjadi ruan rumah ApG VI," kata Menpora disela kunjungan lapangan tenis APG di kawasan Manahan.

Mengenai aksesbilitas setiap arena APG, menurut Menpora, sudah disiapkan semuanya di seluruh arena, dan merupakan standar internasional.

Menpora menjelaskan, mengenai peralatan untuk perlombaan sangat spesifik, ada beberapa hal masih segera didatangkan. Paling tidak peralatan yang sudah ada itu dimaksimalkan.

"Kami masih perupaya, tetapi peralatan yang ada bisa dimaksimalkan," katanya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011