Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan menemui Menteri Kebudayaan Qatar Sheikh Abdulrahman bin Hamad bin Jassim al Thani di Doha pada Senin (16/05) untuk membahas peningkatan kerja sama kebudayaan di antara kedua negara.

Ridwan secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih atas dipilihnya Indonesia sebagai negara mitra dalam ajang Year of Culture (YOC) 2023 atau Tahun Kebudayaan 2023, demikian menurut keterangan dari KBRI Qatar yang diterima di Jakarta, Rabu.

Setiap tahun, Qatar memilih negara-negara yang memiliki reputasi besar di bidang kebudayaan untuk menjadi negara mitra YOC.

Negara-negara seperti Brazil, Jepang, India dan China adalah di antara yang pernah menjadi negara mitra Qatar dalam menggelar YOC.

Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang akan menjadi negara mitra dalam ajang tersebut.

"YOC adalah momentum penting bagi kerjasama Indonesia-Qatar. Bagi Indonesia, YOC bukan hanya menyangkut kerjasama kebudayaan, tetapi ia juga harus memiliki efek rembes ekonomi," kata Ridwan Hassan.

Kegiatan YOC akan berlangsung selama setahun penuh dan berisi puluhan kegiatan di bidang film, fashion, pendidikan, olahraga sampai pertukaran pemuda.

"Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya akan digelar di Qatar tetapi juga di Indonesia," tambah Ridwan.

Sementara itu Menteri Kebudayaan Qatar, Sheikh Abdulrahman bin Hamad bin Jassim al Thani menyampaikan rasa bangga dapat bermitra dengan Indonesia. Ia melihat Indonesia adalah negara besar dengan potensi yang besar pula.

Di bidang kebudayaan, keduanya juga adalah pemain besar.

"Indonesia dan Qatar sama-sama memiliki modalitas yang besar dalam mempromosikan kebudayaan-kebudayaan yang luhur kepada dunia," tutur Sheikh Abdulrahman bin Hamad bin Jassim al Thani.

Qatar memiliki perhatian sangat besar di bidang Kebudayaan.

Negara ini pada Februari 2022 bahkan membentuk Kementerian Kebudayaan yang terpisah dari Kementerian Olahraga.

Qatar sangat sadar bahwa melalui diplomasi kebudayaan yang kuat, daya tawar dan reputasinya sebagai negara yang kosmopolit namun teguh memegang nilai-nilai lokal akan tetap terjaga dan terus meningkat di masa depan.

Baca juga: Kemlu RI dorong peningkatan investasi Qatar di Indonesia
Baca juga: Diaspora Indonesia persembahkan tari Nusantara di Qatar
Baca juga: Indonesia ramaikan pameran pertanian internasional di Qatar

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2022