Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memberikan apresiasi kepada delegasi Digital Economy Working Group (DEWG) G20 yang hadir pada sidang kedua.

"Sebagai tuan rumah, kami tentu menyampaikan apresiasi atas kehadiran para delegasi negara-negara anggota G20, knowledge partner nasional dan global yang telah mencurahkan komitmen dan upaya untuk hadir secara langsung," katanya dalam konferensi pers sidang kedua DEWG G20 di Yogyakarta, dikutip dari siaran pers, Rabu.

"Kami juga berterima kasih kepada partisipan yang tetap menunjukkan komitmennya dalam membentuk partisipasi virtual meski terdapat perbedaan zona waktu,” lanjutnya.

Johnny menjelaskan pertemuan kedua DEWG merupakan kelanjutan dari Pre-Meeting Workshop dan pertemuan pertama DEWG pada Maret 2022.

Melalui kedua pertemuan tersebut, telah dilakukan diskusi dan pertukaran informasi antara negara anggota G20 terkait tiga isu prioritas DEWG yakni konektivitas dan pemulihan pasca COVID-19, keterampilan dan literasi digital, serta data free flow with trust dan cross-border data flow.

Johnny mengatakan, pertemuan kedua DEWG berjalan lancar dan terdapat pemahaman yang saling melengkapi dari seluruh delegasi beserta para knowledge partners, meskipun ada sejumlah intervensi perihal krisis geopolitik yang terjadi pada pertemuan ini.

"Hal tersebut sudah kami perkirakan sehingga pertemuan DEWG kedua tetap dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Adapun substansi diskusi pada pertemuan hari ini akan mendasari agenda pembahasan pertemuan selanjutnya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 20-21 Juli 2022.

Dia kemudian mengajak seluruh delegasi dan pemangku kepentingan untuk menghasilkan kesepahaman yang konkret dan bermanfaat bagi ekonomi digital global.

“Saya turut mengajak seluruh pemangku kepentingan, untuk mendukung pelaksanaan rangkaian acara DEWG dalam Presidensi G20 Indonesia, guna menghasilkan deliverables yang konkret dan bermakna bagi ekonomi digital global,” kata Johnny.

“Mari kita bersama mengawal semangat Presidensi G20 Indonesia, dalam menyongsong pemulihan yang inklusif dan berkelanjutan. Recover Together, Recover Stronger," pungkasnya.

Baca juga: Pemerintah tekankan pentingnya kolaborasi swasta dukung UKM perempuan

Baca juga: MenkopUKM: Pemberdayaan perempuan bisa ditempuh lewat UMKM kuliner

Baca juga: DEWG G20 kedua fokus pada isu konektivitas digital

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022