Los Angeles (ANTARA News) - Lady Gaga tak terkalahkan oleh perempuan musisi lain selama 2011, dan menempati posisi puncak di daftar perempuan berpenghasilan tertinggi dengan pendapatan 90 juta dolar AS, demikiah survei Forbes.com yang di siarkan Rabu (14/12).

Artis penampil dan pelantun "Born This Way" tersebut memiliki penghasilan hampir dua kali lipat dari pesaing terdekatnya --artis pop/country Taylor Swift. Prestasinya ditunjang oleh beberapa kesepakatan dan hasil penjualan tiket pertunjukan malam dengan jumlah sebanyak 1,3 juta dolar AS dari tur kosernya.

Taylor Swift mengantungi sebanyak 45 juta dolar AS, lewat album hitnya "Speak Now", hasil penjualan parfum, dan kesepakatan lain, demikian laporan Reuters.
Penghasilan Taylor cuma berselisih tipis dari pendapatan penyanyi "Teenage Dream" Katy Perry --yang memperoleh 44 juta dolar AS.

Forbes.com menyusun daftarnya melalui data dari penghasilan sebelum dipotong pajak dari penjualan rekaman, data pertunjukan keliling dan wawancara dengan promotor konser, manager serta pengacara musik.

Sementara itu penghasilan Beyonce pada 2011 merosot jadi sebanyak 35 juta dolar AS, kebanyakan karena relatif sedikitnya turnya tahun ini. Tapi album barunya "4", penjualan pakaian, dan dua merek parfum, dan membuat dia menduduki tempat ke-4.

Rihanna berada di urutan ke-5, dengan penghasilan sebanyak 29 juta dolar AS dari penjualan albumnya "Loud", dan kesepakatan dengan perusahaan kosmetik CoverGirl.

Daftar lengkap bisa dilihat di laman Frobes.com di http://tinyurl.com/d36m7gd.
(C003)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011