Jakarta (ANTARA) - Kawasan berikat komprehensif di Prefektur Kashgar, satu-satunya kawasan berikat di bagian selatan Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, mencatat pertumbuhan perdagangan yang kuat dalam empat bulan pertama 2022.

Volume perdagangan di kawasan tersebut, yang menangani pergudangan dan pengolahan berikat, transit internasional, pengadaan, distribusi, dan banyak lagi, melonjak lebih dari 5,8 kali lipat secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 3,77 miliar yuan (1 yuan = Rp2.177) dari periode Januari hingga April, seperti diungkapkan pihak Bea Cukai Urumqi.

Ma Haitao, Direktur Komite Manajemen kawasan tersebut, menghubungkan kinerja perdagangan yang kuat ini dengan kemakmuran perdagangan elektronik (e-commerce) lintas perbatasan dan keuntungan dari pemangkasan tarif di kawasan itu.

Mulai beroperasi pada awal 2015, kawasan berikat komprehensif Kashgar merupakan kawasan kedua dari jenisnya di Xinjiang.

Volume impor dan ekspor dari empat kawasan berikat terpadu, yaitu Kashgar, Alashankou, Horgos, dan Urumqi, melonjak 126,7 persen (yoy) menjadi 9,53 miliar yuan, menyumbang 18,3 persen dari total perdagangan luar negeri Xinjiang dalam periode empat bulan tersebut.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2022