Deli Serdang, Sumut (ANTARA News) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyampaikan apresiasi kepada segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, karena hingga kini dinilai konsisten melaksanakan gerakan penghijauan.

"Program penghijauan di Deli Serdang selama ini berjalan baik dan wajar diberi apresiasi," katanya saat melakukan aksi penaman 60.000 batang pohon mangrove di Desa Paluh Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Kamis.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang selama ini konsisten meningkatkan kesadaran segenap elemen masyarakat dan sektor dunia usaha untuk bersinergi melaksanakan penanaman pohon.

Sinergitas tiga pilar kekuatan yang terdiri dari pemerintah, swasta dan masyarakat tersebut dinilai efektif mewujudkan program percepatan pembangunan, termasuk di bidang penghijauan.

Menhut mengingatkan bahwa manusia tidak bisa hidup sendirian dan membutuhkan ekosistem yang seimbang.

Oleh karena itu, kata Zulkifli, bumi ini harus diperlakukan secara adil dan seimbang.

"Tidak boleh satu mendominasi yang lainnya melebihi daya dukung lingkungan," tambahnya.

Dalam upaya merehabilitasi kawasan hutan dan lahan kritis pada 2011, kata dia, pemerintah melalui Kementerian Kehutanan menargetkan menanam 1,5 miliar batang pohon.

Gerakan penanaman pohon itu adalah untuk menanggulangi bencana serta mengantisipasi perubahan iklim.

"Pada tahun 2010 kita berhasil menanam 1,3 miliar dari satu miliar pohon yang ditargetkan. Saya yakin tahun ini bisa lebih dari itu," ucap dia.

Disebutkannya, luas lahan kritis di Indonesia saat ini mencapai 40 juta hektare atau sekitar 40 persen dari total luas hutan di negeri ini.

Sementara itu Bupati Deli Serdang Amri Tambunan, mengungkapkan bahwa upaya pelestarian lingkungan di daerahnya dilaksanakan melalui pola kebersamaan dan semangat gotong royong.

Melalui pola kebersamaan, lanjut dia, di Deli Serdang selama tahun 2011 sudah berhasil ditanam sebanyak 1,6 juta pohon.

"Kami juga berharap kiranya program pelestarian alam ini senantiasa dapat menjadi perhatian semua pihak, demi memenuhi kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan," ujar Amri.

Kabupaten Deli Serdang baru-baru ini memperoleh penghargaan berupa tropi "Raksaniyata" yang diserahkan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono dalam rangka Hari Cipta Puspa dan Satwa Nasional 2011. (ANT-197)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011