New York (ANTARA News) - Perusahaan pemeringat Fitch menurunkan peringkat enam bank besar dunia pada Kamis, mengutip meningkatnya tantangan di pasar keuangan.

Fitch menurunkan peringkat jangka panjang pada Bank of America dan Goldman Sachs di Amerika Serikat, bank Inggris Barclays, bank Prancis BNP Paribas, bank Jerman Deutsche Bank dan bank Swiss Credit Suisse, lapor AFP.

Penurunan peringkat "mencerminkan tantangan yang dihadapi oleh sektor ini secara keseluruhan, daripada perkembangan negatif dalam fundamental istimewa kelayakan kredit," Fitch mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Fitch mengatakan bahwa perdagangan dan bank universal global "sangat peka terhadap tantangan peningkatan yang dihadapi pasar keuangan."

"Tantangan-tantangan ini hasil dari perkembangan ekonomi serta segudang perubahan peraturan," kata perusahaan pemeringkat milik Prancis itu.

Dikatakan, tindakan itu memperhitungkan "kemajuan signifikan, melihat bank telah membuat bangunsm modal penyangga dan likuiditas untuk melawan tantangan pasar." (A026)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011