Bangkok (ANTARA News/AFP) - Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatara memberikan dukungan kepada Aung San Suu Kyi dalam pemilihan umum sela mendatang dalam satu pertemuan dengan pemimpin demokrasi itu di Myanmar, kata seorang pejabat Thailand seperti dikutip AFP, Rabu.

Pertemuan pertama Suu Kyi di Yangon Selasa dengan pemimpin satu negara asing selama setengah jam itu berlangsung dalam "suasana yang baik", kata Kepala Juru Bicara Pemerintah Thailand Titima Chaisang kepada AFP.

"Aung San Suu Kyi mengemukakan kepada PM Yingluck, ia mengharapkan dapat menang dalam pemilu sela itu dan Yingluck memberikan dukungannya dan harapannya bahwa Aung San Suu Kyi akan menang," katanya.

Belum ditetapkan kapan pemilu idiselenggarakan, yang akan merupakan pertama kali diikuti Suu Kyi untuk jabatan itu. Dia berada dalam tahanan rumah ketika partai oposisi pimpinanya memenangkan pemilu 1990, tetapi junta militer tidak mengizinkannya berkuasa.

Thailand dan Myanmar adalah dua mitra penting dan Yingluck menyatakan dukungannya pada "jalan rekonsiliasi nasional", dan menambahkan kemajuan itu baik bagi ASEAN.

"Kami melihat ada niat baik pemerintah Myanmar untuk terbuka dan melakukan pembangunan yang demokratis," kata Yingluck yang berada dua hari di Myanmar untuk kunjungan pertamanya ke ibu kota Naypyidaw sejak Senin lalu.(*)

H-RN/M016

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011