Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Negara RI mempertontonkan video penanganan kejadian kasus Mesuji di Provinsi Lampung pada tanggal 10 November 2011.

"Video ini terjadi di Lampung di kawasan PT Barat Selatan Makmur Investindo (BSMI) pada tanggal 10 November 2011," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution di Jakarta, Rabu.

Saat itu, petugas keamanan PT BSMI dan petugas dari kepolisian melaporkan bahwa ada masyarakat yang melakukan penjarahan terhadap sawit yakni Dani dan Hendri, ujarnya.

"Kemudian keduanya dikejar oleh petugas keamanan dan kabur meninggalkan motor, jumlah petugas saat dari polsek setempat 14 orang sudah dihadang sekitar 100 orang dari massa itu," kata Saud.

Massa tersebut mempertanyakan keberadaan Hendri dan Dani, dan Suratno kemudian tertembak. Selanjutnya massa beringas dan petugas mencoba mengamankan, tapi massa sedemikian besar bertambah 200 orang dengan membawa tombak, parang dan dodos untuk menyerang petugas, katanya.

"Selanjutnya datang bantuan dari Polda dan dari hasil pengecekan di lapangan, tertembak sebanyak lima orang dan satu orang meninggal dunia," kata Saud.

Adapun lima korban yang tertembak yakni Muslim, Robin, Rano Karno, Harun sedangkan Zaelani tewas tertembak, katanya.

Selain itu, massa membakar 19 mess karyawan, sembilan pos pengamanan, lima mess manajer dan gudang bahan bakar minyak (BBM) serta beberapa gudang lainnya.

"Kita sedang melakukan penyelidikan terkait dengan kasus ini," kata Saud.
(T.S035/R010)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011