Jakarta (ANTARA News) - Bank Mandiri menyiapkan dana Rp4 triliun menyambut perayaan Natal 2011 dan Tahun Baru 2012. 35 persen dari jumlah tersebut disiapkan untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Direktur Teknologi dan Operasi Bank Mandiri, Kresno Sediarsi, di Jakarta, Kamis, mengatakan keperluan uang tunai masyarakat diperkirakan akan melonjak pada sepuluh hari sebelum Natal 2011 maupun Tahun Baru 2012.

Sehingga, pada periode tersebut, Bank Mandiri menyiapkan sekitar Rp850 miliar per hari atau meningkat hingga 10 persen dari penyediaan dana pada hari biasa.

"Kami telah menyiapkan uang untuk ATM, menjaga ketersediaan pasokan, infrastruktur, dan sistem operasional ATM agar kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan menjelang natal dan tahun baru dapat tetap terjaga," kata Sediarsi.

Menurut dia, pendistribusian dana akan difokuskan pada 19-30 Desember 2011, saat transaksi masyarakat mulai meningkat untuk pemenuhan kebutuhan perayaan natal dan tahun baru 2012.

Penyediaan uang di seluruh ATM Bank Mandiri dilakukan para pegawai cabang Bank Mandiri yang bertugas dengan dukungan mitra kerja Bank Mandiri.

Selain itu, Bank Mandiri juga memastikan seluruh operasional layanan ATM tetap terjaga dengan menggunakan aplikasi ATM Monitoring yang bisa memantau pola transaksi untuk hari biasa dan hari libur.

Saat ini nasabah Bank Mandiri dapat melakukan transaksi melalui 8.996 ATM Mandiri. Jumlah ini meningkat 2.500 ATM bila dibandingkan jumlah ATM pada akhir tahun sebelumnya.

"Kami berupaya memastikan Mandiri ATM akan selalu siap digunakan dengan dukungan teknisi handal untuk memonitoring kinerja ATM selama 24 jam," katanya.

Sampai 30 Desember 2011, kantor cabang Bank Mandiri tetap beroperasi seperti biasa, kecuali pada saat cuti bersama Natal tanggal 26 Desember 2011, kantor cabang yang dioperasikan berjumlah 149 cabang dan hanya untuk pelayanan umum non kliring/RTGS dan setoran BBM.

Sedangkan pada hari raya Natal tanggal 25 Desember 2011 dan perayaan tahun baru tanggal 1 Januari 2012, kegiatan operasional weekend banking ditiadakan. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011