Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura  Jawa Timur,  dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) pariwisata unggul, berkualitas, dan berdaya saing.

“Bukan hanya menjadi SDM yang siap terjun ke dunia kerja, tapi juga mampu menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di UNIBA Madura, Sumenep, Jawa Timur, lewat keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Mengingat Kepulauan Madura memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang luar biasa, lanjut dia, SDM di daerah tersebut perlu dipersiapkan.

Baca juga: Sandiaga dorong kepala daerah hadirkan event berkualitas

Sandiaga mengharapkan kolaborasi ini menjadi awal kebangkitan kesejahteraan masyarakat terutama di bidang parekraf Kabupaten Sumenep dan Pulau Madura secara keseluruhan.

“UNIBA Madura dipilih sebagai mitra strategis lantaran memiliki etos kerja yang serupa dengan Kemenparekraf,” ucap dia.

Pertama ialah gerak cepat (gercep) karena universitas tersebut yang terlebih dahulu mengajukan penawaran kerja sama.

Kedua yaitu gerak bersama (geber) dalam mengembangkan potensi wisata bahari, wisata kebugaran, dan wisata budaya di Kepulauan Madura.

Terakhir adalah garap semua potensi (gaspol), termasuk potensi untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

"Ini yang menjadikan UNIBA Madura terpilih untuk menggalangkan kerja sama. Mudah-mudahan Sumenep akan menjadi tujuan wisata unggulan," harap Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga harap kehadiran Ozil ke RI, diikuti datangnya turis Timteng

Ruang lingkup kerja sama tersebut mencakup pertukaran data atau informasi, pembinaan, konsultasi dalam pelaksanaan penelitian, serta pengabdian masyarakat terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian peningkatan kapasitas SDM, koordinasi dalam penyusunan kebijakan teknis di bidang parekraf, dan kerja sama atau kegiatan lain sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing pihak.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan Rektor UNIBA Madura Prof. Dr. H. Rachmad Hidayat.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2022