Garut (ANTARA News) - Seniman sunda Aom Kusman Kartanagara yang meninggal dunia di kediamannya Jalan Rajamantri Tengah 3, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat sekitar pukul 04.00 WIB adalah keturunan priyai atau "menak" dalam Bahasa Sunda, tepatnya anak Bupati Garut Ke-12 Moh Noh Kartanagara periode 1956-1960.

"Ya betul almarhum Aom Kusman merupakan anak Bupati Garut," kata Kepala Bidang Kebudayaan Kabupaten Garut, Jawa Barat, Warjita kepada wartawan, Jumat.

Almarhum, kata Warjita, adalah putra terbaik Garut yang lebih banyak berkiprah menjalani dunia kesenian dan kebudayaan di Bandung.

"Ya almarhum lebih banyak kesibukannya di Bandung," katanya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, akan menghadiri prosesi pemakaman jenazah Aom Kusman di Cimaragas, Garut, Jumat siang ini.

Sebelum meninggal pada usia 65, Aom Kusman sempat dirawat intensif di ICU Rumah Sakit Emmanuel karena diabetes.

Aom meninggalkan seorang istri bernama Poppy Kusman dan dua orang anak bernama Silvy dan Buggy.

Meninggalnya Aom Kusman menjadi perbincangan sejumlah masyarakat dan seniman Garut.  Mereka mengaku kehilangan seorang seniman yang menjadi panutan.

"Kemenarikan dari Aom Kusman itu nyundanya dan candanya, jelas dia menjadi panutan seniman lain terutama di Garut," kata Anang Aning, pengurus Dewan Kesenian Garut.(*)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011