Jakarta (ANTARA News) - CIMB Niaga akan memfasilitasi kebutuhan jasa perbankan nasabah Bank Shizuoka Jepang di Indonesia setelah dua bank itu menandatangani kerja sama strategis.

Direktur Utama CIMB Niaga Arwin Rasyid dalam keterangan tertulis di Jakarta Jumat menyebutkan, jumlah perusahaan Jepang, terutama yang berbasis di Shizuoka terus meningkat.

Ia mencontohkan Yamaha Group dan Suzuki Group. Cukup banyak pemasok dari kedua perusahaan tersebut yang mengembangkan investasinya di Indonesia.

"Tentunya mereka membutuhkan jasa perbankan untuk menunjang bisnis mereka. Peluang inilah yang kami maksimalkan melalui kerjasama antara CIMB Niaga dengan Shizuoka Bank ini," sebut Arwin.

CIMB Niaga Jumat (23/12) ini menandatangani kesepakatan aliansi strategis dengan Bank Shizuoka. CIMB Niaga akan memfasilitasi kebutuhan jasa perbankan dari nasabah Bank Shizuoka yang telah maupun yang merencanakan untuk beroperasi di Indonesia.

Bank Shizuoka sebagai salah satu grup perbankan regional terbesar di Jepang, memiliki basis nasabah yang tersebar di berbagai wilayah. Mulai wilayah Shizuoka (yang menjadi kantor pusatnya) hingga Tokyo, Osaka, dan Nagoya, yang merupakan tiga sentra ekonomi utama di Jepang.

Selain itu, Bank Shizuoka juga mempunyai kantor cabang di New York, Los Angeles, Brussels, Hong Kong, Shanghai, dan Singapura, untuk menunjang bisnis mereka.

Arwin berharap kerjasama tersebut menjadi awal hubungan baik bagi CIMB Niaga maupun Shizuoka Bank.

Sementara itu CEO Bank Shizuoka, Katsunori Nakanishi melihat Indonesia sebagai pasar yang bagus untuk Jepang yang terlihat dari banyaknya perusahaan Jepang yang berinvestasi di Indonesia.

Bagi Bank Shizuoka, tujuan utama kerjasama itu adalah memberikan layanan jasa keuangan yang dimiliki CIMB Niaga yang didukung jaringan CIMB Group secara regional bagi nasabah Bank Shizuoka.

"Selain berkinerja baik, kami memilih CIMB Niaga karena CIMB Niaga memiliki Japanese Desk, yang antara lain berfungsi untuk memberikan dukungan perbankan bagi para investor Jepang yang berminat berinvestasi di Indonesia," sebut Nakanishi.

(A039/M009)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011