Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sawah Besar, Kompol JR Sitinjak, mengatakan bahwa satuan anti-peledak (Gegana) sudah mensterilkan Gereja Katedral Jakarta sejak pukul 14.00 WIB, dan masih akan berjaga di lokasi hingga Minggu (25/12) malam.

"Satuan gegana sudah tiba di Gereja Katedral sejak pukul 11.00 WIB dan mereka melakukan sterilisasi pada pukul 14.00 WIB sesudah pemasangan dekorasi," kata kata Kapolsek Sawah Besar, Kompol JR Sitinjak yang ditemui ANTARA News di pos penjagaan di depan Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan, ada 251 petugas yang ikut mengamankan misa malam Natal dan Hari Natal di Gereja Katedral.

"Dari 251 orang, 184 di antaranya dari kepolisian dan 67 dari berbagai satuan samping seperti POL PP, Satpam, Pramuka dan lain sebagainya," katanya.

Sementara itu, misa malam Natal di Gereja Katedral akan dilakukan sebanyak tiga kali.

Misa pertama dilakukan pada pukul 17.00 WIB misa kedua pukul 20.00 WIB dan misa ketiga pukul 22.30 WIB.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lapangan terlihat bahwa umat Nasrani mulai memadati Gereja Katedral mulai pukul 15.30 WIB.

Sementara itu, Hubungan Masyarakat Paroki Gereja Katedral Jakarta, Taufik Kipot, mengatakan bahwa sekira 5.000 orang akan meramaikan pelaksanaan misa malam Natal di Gereja Katedral.

"Tema Natal pada tahun 2011 di gereja ini adalah "Ekaristi, Sumber Berkat dalam Keluarga".

Dia juga menambahkan, pelaksanaan misa malam Natal dan hari Natal di Gereja Katedral pada tahun ini didominasi warna merah.

"Kami menggunakan sejumlah ornamen unik berwarna merah dan juga menghiasi gereja dengan pohon ala Tuba," katanya.
(T.W004/N005)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011