Lebak (ANTARA News) - Ribuan umat Kristiani di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, mulai memadati sejumlah gereja untuk melaksanakan ibadah kebaktian misa malam Natal.

Pantauan wartawan ANTARA, Sabtu malam, Gereja Katolik "Maria Tak Bernoda" di Jalan Multatuli Rangkasbitung, pukul 18.00 WIB mulai dipadati umat Kristiani yang akan melakukan misa.

Begitu pula, Gereja Bethel, Pantakosta, dan Pasundan di Jalan Sunankalijaga Rangkasbitung dipadati jemaat dari berbagai daerah di wilayah Provinsi Banten.

"Kami perkirakan jemaat yang melakukan kebaktian misa malam Natal 1.300 orang," kata Humas Gereja Katolik "Maria Tak Bernoda", Agustinus, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa jemaat yang akan melaksanakan misa datang dari sejumlah daerah di Kabupaten Pandeglang dan Serang.  Mereka sebagian masuk jemaat Gereja Katolik "Maria Tak Bernoda".

"Kami sudah menyediakan kursi di luar gedung gereja jika mereka tidak tertampung dalam gereja," katanya.

Kapolres Lebak Ajun Komisaris Besar Yudi Hermawan mengatakan bahwa pihaknya memberlakukan penjagaan ketat di semua gereja. Bahkan, jemaat yang akan melaksanakan kebaktian misa malam Natal mendapat pemeriksaan.

"Kami melakukan pemeriksaan dengan alat detektor untuk mencegah bahan peledak masuk ke gereja," kata Yudi Hermawan.

Pihaknya menempatkan 15-20 personel di setiap gereja. Petugas dari kepolisian ini dibantu oleh TNI, pramuka, dan satuan polisi pamong praja pemerintah daerah setempat. (ANT)

Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2011