Monako (ANTARA News/AFP) - Sebuah perusahaan yang terhubung dengan pebisnis Rusia, Dmitry Rybolovlev, telah membeli saham mayoritas AS Monaco sebesar 66,67 persen, demikian dinyatakan oleh klub tersebut, Jumat.

"Monaco Sport Invest (MSI) telah berkomitmen untuk berinvestasi setidaknya 100 juta euro ke Monaco Football Club selama empat tahun ke depan. Jumlah ini merupakan jaminan minimum dan dapat ditingkatkan jika diperlukan," demikian bunyi pernyataan klub.

Sisa saham sebesar 33 persen akan tetap dimiliki oleh Association Sportive de Monaco Football Club yang mewakili kepentingan Kerajaan.

Pangeran Albert II dari Monako telah menyetujui kesepakatan tersebut dengan berkata, "Kesepakatan yang telah tercapai ini membuka halaman baru dalam sejarah tim sepak bola yang begitu dicintai oleh Kerajaan. Saya berharap tim dapat kembali ke posisi tertinggi, yang pada masa lalu telah menjadi salah satu permata dari kehidupan olahraga Monako."

Rybolovlev, yang tinggal di Monako dan disebut sebagai orang terkaya no 93 di dunia versi Forbes, berkata, "Saya percaya bahwa klub ini memiliki potensi besar dan saya berharap hal itu dapat ditingkatkan untuk menyadari sepenuhnya potensi ini baik di level nasional dan Eropa."

Pria Rusia tersebut kini menjadi presiden baru dari dewan klub, yang akan diisi oleh enam perwakilan MSI dan tiga anggota AS Monaco.

Monaco adalah salah satu klub berprestasi di Prancis, mereka telah menjuarai tujuh gelar liga, dan sempat mencapai final Liga Champions pada tahun 2004.

Bagaimanapun, tahun lalu mereka terdegradasi dari Ligue 1 dan saat ini bermain di divisi kedua. Mereka hanya meraih satu kemenangan dari 18 pertandingan pertamanya, dan berada di dasar klasemen.  (H-RF/T009)

Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2011