London (ANTARA News/AFP) - Juara dunia Formula 1 dua kali, Sebastian Vettel, berbicara mengenai kegembiraannya setelah melihat mobil baru Red Bull, yang diharapkan dapat mengantarnya ke gelar juara dunia ketiga.

Pembalap Jerman ini, dalam wawancaranya dengan BBC Sport, berkata, "Kami semua penasaran dengan mobil ini."

"Kami melihatnya bersama-sama. Ini seperti anak yang baru lahir. Saya bukan seorang ayah, tetapi mereka mengatakan padaku, kalau seperti itulah perasaannya."

Vettel membuktikan kalau dirinya bukanlah pembalap yang sekali bersinar kemudian meredup pada tahun 2011, ia mempertahankan gelar juaranya di Jepang pada Oktober, saat dirinya masih berusia 24 tahun 98 hari, juara dunia termuda yang mampu mempertahankan gelar juara (back to back).

Ia bergabung dengan klub pembalap yang mampu mempertahankan gelar juara dunia, yang berisi sembilan orang, termasuk Juan Manuel Fangio, Aryton Senna, dan Michael Schumacher.

Ia juga mengukir sejarah dunia baru sebagai pembalap yang paling banyak memulai lomba dari posisi pertama (pole position). Ia melakukannya sebanyak 15 kali (dari 19 balap), dan melewati catatan gemilang Niggel Mansell yang ditorehkan pada 1992.

Pada wawancara BBC yang akan disiarkan pada 1 Januari 2012, ia berkata kalau dirinya menikmati libur Natal setelah melalui musim yang panjang.

"Tidak banyak masa tanpa kompetisi, sehingga sangatlah penting untuk `mematikan sistem,` menenangkan diri, dan mengisi baterai - jangan lupakan F1, tetapi lupakanlah semua tekanan yang ada," ucapnya.

"Ini semua akan kembali dimulai dari nol, dan kami semua memiliki kesempatan yang sama."

"Saya melihat ke depan untuk kompetisi ini. Kami semua sangat bahagia pada tahun ini, maka tidaklah benar untuk meminta lebih, Jika kami dapat menang pada tahun 2011, dan akan melakukannya dengan lebih baik di sini dan di sana, itu akan fantastis."

Meskipun dirinya sekarang dipuji sebagai salah satu idola di samping Fangio dan Senna, Vettel berkata, "Anda mencoba untuk tidak berpikir secara sadar mengenai diri Anda sendiri, dan kesuksesan Anda, serta apa yang mungkin telah Anda capai."

"Tetapi ketika Anda melihat pada tahap yang sama dengan orang-orang ini. Sulit untuk mengucapkannya dengan kata-kata." (H-RF/A016)

Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2011