Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas kendaraan bermotor dari gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menuju jalur pantura wilayah Kabupaten Karawang, padat akibat meningkatnya volume kendaraan, memasuki musim libur sekolah dan Natal, Sabtu.

Para pengendara yang terjebak harus antre untuk memasuki jalur Pantura selepas gerbang Tol Cikampek. Kepadatan kendaraan terlihat selepas gerbang Tol Cikampek hingga ke pertigaan Mutiara sampai simpang Jomin. Setelah gerbang Tol Cikampek, para pengendara berjalan pelan sampai ke simpang Jomin.

Aparat kepolisian setempat berusaha mengurai kepadatan kendaraan itu. Salah satunya dengan melakukan buka tutup di simpang Jomin yang melewati jalan By Pass Jomin.

Ketika akses ke jalur Pantura melewati jalan By Pass Jomin ditutup bagi para pengendara yang datang dari arah gerbang Tol Cikampek, dibuka akses menuju simpang Jomin dengan melewati pasar Cikampek.

Para pengendara yang mengetahui jalur alternatif menghindari kepadatan kendaraan dari selepas gerbang Tol Cikampek hingga ke simpang Jomin, dengan melewati jalur tengah, Sadang-Subang.

Pantauan ANTARA sepanjang Sabtu sore hingga malam, para pengendara yang telanjur terjebak padatnya kendaraan pada titik menuju jalur Pantura sejak selepas gerbang Tol Cikampek, memutar arah menuju Purwakarta, guna melewati jalur tengah.

Hal itu dilakukan agar tidak terjebak lama pada akses menuju jalur pantura yang mengalami kepadatan akibat meningkatnya volume kendaraan memasuki musim libur sekolah dan Natal.

Sejumlah aparat kepolisian dari Polres Karawang dan Purwakarta terlihat mengatur arus lalu lintas dari selepas gerbang Tol Cikampek hingga ke simpang Jomin, agar tidak terjadi kemacetan parah di sepanjang akses jalan menuju jalur pantura tersebut. (KR-MAK/Y008)

Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2011