Makassar (ANTARA) - Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr Laksana Tri Handoko, MSc beserta rombongan mengunjungi Universitas  Hasanuddin (Unhas) Makassar untuk mendiskusikan pengembangan riset dan inovasi perguruan tinggi di masa mendatang.

Tri Handoko di Makassar, Rabu, menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab BRIN. Sesuai Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2021, BRIN merupakan lembaga pemerintah yang menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Baca juga: BRIN kembangkan basis data talenta muda Indonesia

Ia menjelaskan tugas dan tanggung jawab BRIN akan tercapai jika ada dukungan riset dari perguruan tinggi sebagai sumber riset terbesar.

Untuk itu, diperlukan kolaborasi optimal antara BRIN dan PT. Ia juga memaparkan mengenai skema pendanaan BRIN berbasis kompetisi.

"BRIN hadir dengan tujuan membawa riset dan inovasi pada level yang seharusnya. Untuk mencapai hal tersebut, tentunya peran dan kolaborasi sangat diperlukan dengan berbagai pihak. Seperti yang diketahui bersama, periset Indonesia paling besar berasal dari perguruan tinggi. Hal ini perlu dioptimalkan," ujarnya.

Baca juga: Program Alumni Talenta Muda bina talenta-talenta muda di daerah

BRIN sebagai lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden didirikan menyusul perubahan nomenklatur sejumlah kementerian pada April 2021 lalu yang semula berada di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Sementara itu, Rektor Unhas Prof Dr Ir. Jamaluddin Jompa MSc mengatakan Unhas sebagai perguruan tinggi negeri secara berkelanjutan ikut memantau dan terlibat dalam upaya pengembangan reformasi dalam bidang penelitian dan inovasi.

Jamaluddin merasa Unhas harus menjadi bagian dalam menciptakan iklim dan inovasi baru dalam bidang penelitian. Unhas siap menjadi bagian untuk mendorong peningkatan dan optimalisasi bidang riset di Indonesia.

Baca juga: BRIN: Talenta muda bantu atasi masalah daerah dengan riset dan inovasi

"Dengan berbagai potensi yang dimiliki Unhas, diharapkan akan memberikan dampak signifikan terhadap kajian riset dan inovasi masa mendatang untuk kemajuan masyarakat Indonesia," jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Inspektur Utama BRIN Ir Christianus Ratrias Dewanto M.Eng, Kepala Organisasi Riset Pertanian dan Pangan Puji Lestari MSi PhD, Plt Kepala Biro Komunikasi Publik Umum dan Kesekretariatan Driszal Fryantoni, MEng.Sc dan Plt Kepala Biro Manajemen Barang Milik Negara dan Pengadaan Arywarti Marganingsih MS Ak.

Baca juga: BRIN: InaCBT di Labuan Bajo-Rokatenda perkuat peringatan dini tsunami

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022