Surabaya (ANTARA News) - Investor Australia tertarik mengelola Pantai Kenjeran yang berada di pantai timur kota Surabaya untuk diubah layaknya Pantai Ancol di Jakarta.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Hendro Gunawan membenarkan ada investor Australia yang berminat untuk merevitalisasi Kenjeran.Hendro masih belum bersedia menyebutkan nama investor itu.

"Investor itu adalah salah satu pendesain Universal Studio yang ada di sejumlah negara," katanya.

Menurut dia, komunikasi antara investor dan pemkot sudah dilakukan sekitar sebulan yang lalu. Konsep revitalisasi yang ditawarkan investor, tidak jauh-jauh dari sarana hiburan yang mirip dengan universal studio.

Investor tersebut sudah mengamati tata ruang kawasan pantai Kenjeran dan sudah berkomunikasi dengan walikota.

"Saat ini, mereka dalam tahap penyusunan studi kelayakan," kata Hendro.

Selain menunggu realisasi tawaran revitalisasi dari investor, pemkot juga tengah memikirkan cara untuk membenahi Taman Hiburan Kenjeran (THP), misalnya dengan terus membersihkan kawasan pantai.

Sementara itu, Ketua Komisi C  DPRD Surabaya Sachiroel Alim Anwar mengatakan mendukung segala upaya pemkot merevitalisasi THP Kenjeran.

"Asalkan konsepnya jelas. Soalnya, beberapa tahun yang lalu wacana revitalisasi itu sudah sering terlontar. Tapi, realisasinya tidak ada," ujarnya.

Sementara Kepala UPTD THP Kenjeran Moeljono menilai revitalisasi Kenjeran pasti meningkatkan jumlah pengunjung.(*)

A052/Y008

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011