Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Dewi Aryani,  mengatakan bahwa Gerakan Nasional Birokrasi Bersih dan Melayani (Gernas BBM) merupakan bukti kepedulian pemerintah untuk melayani masyarakat.

"Gerakan ini merupakan sinyal dan pesan optimistis dari semua kalangan bahwa pemerintah memiliki komitmen untuk kembali kepada peran utamanya, yakni melayani rakyat," kata Dewi Aryani selaku Duta UI untuk Reformasi Birokrasi Indonesia kepada ANTARA News, Senin pagi.

Gerakan ini, kata Dewi, mirip gerakan yang dilakukan pada zaman Bung Karno saat melaksanakan internalisasi proklamasi. Beliau menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia telah merdeka. Prosesnya juga memakan waktu. Namun, karena dilakukan secara kontinu dari Sabang sampai Merauke, hasilnya sekarang kemerdekaan itu sudah dinikmati seluruh rakyat Indonesia.

Di lain pihak, Dewi yang juga anggota Komisi VII DPR RI menyayangkan hal itu telah ternoda dengan makin membudayanya korupsi, nepotisme, dan kolusi, serta makin rapuhnya birokrasi Indonesia.

Ia menambahkan, Gernas BBM yang diinisiasi oleh Departemen Administrasi FISIP Universitas Indonesia itu makin mendapatkan respons dan dukungan dari segenap eleman masyarakat, termasuk kalangan praktisi birokrasi.

Rangkaian deklarasi telah dilaksanakan di  Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Brebes, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat. Dijadwakan pada tanggal 27 Desember 2011,  Pemerintah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, akan mendeklarasikan Gernas BBM.

Acara itu akan dihadiri oleh seluruh pimpinan SKPD dan seluruh staf Sekretariat Daerah Kabupaten Mamuju. Panitia juga mengundang Staf Ahli Menteri Bidang Kebijakan Publik, Rusdiyanto, mewakili Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Rusdiyanto menyarakan kepada inisiator dalam mendeklarasikan Gernas BBM seyogianya melibatkan seluruh jajaran pemerintah daerah. Pelibatan mereka dalam gerakan ini penting untuk mewujudkan komitmen bersama, dan dapat menjadi efek domino penggerak perubahan birokrasi menjadi birokrasi yang melayani.

Terkait dengan rencana deklarasi di Mamuju, Bupati Mamuju, Suhardi, mengatakan bahwa pihaknya dan masyarakat Mamju sangat menunggu deklarasi tersebut.

"Saya sangat antusias dengan gerakan ini karena memang benar-benar ingin menjadi pemimpin yang transformatif untuk mewujudkan birokrasi bersih dan melayani," kata Suhardi.

Gernas BBM ini, kata Dewi Aryani, akan bergulir ke seluruh provinsi, kabupaten, dan kota. Direncanakan kegiatan serupa juga akan diadakan di Provinsi NTB, Sulawesi Utara, Kabupaten Lampung Selatan, Kota Denpasar, Kabupaten Serdang Bedagai, dan Kabupaten Samosir.

"Gerakan Nasional Birokrasi Bersih dan Melayani ini juga akan dilakukan di lingkungan kampus," kata Duta UI untuk Reformasi Birokrasi Indonesia, Dewi Aryani. (zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2011