Yogyakarta (ANTARA News) - Potensi pariwisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta perlu pemetaan sebagai upaya mendukung pengembangan pariwisata di daerah ini, kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih.

"Untuk itu, upaya pemetaan potensi wisata bertujuan agar pengembangan pariwsata memiliki arah yang tepat, termasuk untuk mempercepat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Pemetaan potensi wisata perlu segera dilakukan, baik terhadap objek maupun atraksi wisata," katanya di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, pemetaan potensi wisata harus pula merata di setiap wilayah kabupaten maupun kota se Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sehingga wisatawan yang berkunjung ke daerah ini memiliki banyak pilihan, baik objek maupun sajian atraksi wisata.

"Dengan memiliki peta potensi wisata, bagi pemerintah daerah setempat akan mudah dalam membina serta meningkatkan daya tarik objek wisata," kata Widi yang yayasannya memiliki perhatian di bidang studi pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal.

Selain itu, menurut dia, perlu pula dukungan infrastruktur dan penambahan fasilitas wisata, sehingga wisatawan yang berkunjung ke daerah ini merasa nyaman, dan setelah mereka kembali ke daerah asalnya akan membawa kenangan yang positif.

"Wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke daerah ini harus memperoleh kemudahan, sehingga mereka merasa nyaman dan aman saat menikmati objek wisata maupun sajian atraksi wisata," kata Widi

Ia mengatakan Provinsi DIY memiliki potensi wisata yang beragam, sehingga menyajikan banyak pilihan bagi wisatawan. "Hanya saja, jika potensi itu tidak dikembangkan optimal, maka wisatawan tidak bisa menikmati keanekaragaman objek wisata yang ada di daerah ini," katanya.

Oleh karena itu, kata dia perlu promosi wisata, baik di dalam maupun luar negeri. "Promosi harus dilakukan bersama-sama dengan para pemangku kepentingan pariwisata di daerah ini," katanya.(*)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011