Los Angeles (ANTARA News) - "Mission: Impossible - Ghost Protocol" dengan mudah menyisihkan rival-rivalnya untuk menjadi Nomor 1 dalam daftar film box office selama liburan Natal sekaligus mengatrol lagi popularitas bintangnya, Tom Cruise, yang belakangan ini film-filmnya gagal mencetak box office.

"Ghost Protocol" --film keempat dari serial "Mission:Impossible" yang dibintangi Cruise-- diperkirakan mencetak pendapatan 46 juta dolar AS di bioskop-bioskop AS dan Kanada dalam jangka waktu empat hari sampai Senin lalu, demikian distributor film tersebut, Paramount Pictures, seperti dikutip Reuters.

Total penjualan tiketnya diperkirakan mencapai 78,6 juta dolar AS setelah debut pertamanya diputar di Imax dan bioskop-bioskop layar lebar lainnya pekan lalu.

Di bioskop-bioskop internasional, film yang dikenal dengan "MI4" dan menghabiskan biaya produksi sekitar 145 juta dolar AS ini menjual tiket tambahan senilai 140 juta dolar AS selama hari Minggu.

Paramount mencatat peringkat pemirsanya dari CinemaScore adalah "A-" sedangkan dari Rottentomatoes.com --situs yang mengkompilasi kritik-kritik film-- memberi film ini peringkat 94 persen positif.

"Kami gembira atas cara kami mengerjakan film ini, dimulai dari harga premium di layar lebar dan membiarkan kritik film dan (publisitas) dari mulut ke mulut mengenai film ini terlontar," kata Don Harris, President distribusi Paramount.

Film ini begitu penting bagi Cruise (49) setelah sejumlah filmnya --Valkyrie", "Lions for Lambs," dan film eksyen "Knight and Day," gagal mencetak box office.  Keberhasilan "Ghost Protocol" berarti kembalinya Cruise ke puncak box office.

Sementara itu, film produksi Warner Bros "Sherlock  Holmes: A Game of Shadows" menempati posisi 2 box office dengan meraup pendapatan sekitar 31,8 juta dolar AS selama empat hari, diikuti film komedi produksi 20th Century Fox "Alvin and the Chipmunks: Chipwrecked" yang menangguk total pendapatan 20 juta dolar AS, menyisihkan box office nomor 4 triler dewasa "The Girl With the Dragon Tattoo" yang mengeduk keuntungan 19,4 juta dolar AS.

Sejak debutnya pertengahan pekan lalu, "Dragon Tattoo" telah menghasilkan total pendapatan 27,7 juta dolar AS. Juru bicara Sony menyebutkan bahwa pencapaian ini adalah awal yang baik yang akan menjadi landasan untuk sepekan ke depan dan memasuki Tahun Baru.

Memang banyak film baru yang mengguncang bioskop-bioskop selama libur Natal, termasuk "Dragon Tattoo," dua film karya sutradara Steven Spielberg, "War Horse"  dan"The Adventures of Tintin," serta komedi Cameron Crowe "We Bought A Zoo."

Studio-studio pembuat film memperkirakan permintaan yang kuat di hari-hari berikutnya manakala banyak keluarga beristirahat dari kerja dan sekolah, namun sepertinya tak akan bisa menembus rekor box office tahun lalu yang penjualan tiket tahunannya mencapai 10,6 miliar dolar AS.

Kenyataannya, 12 film pemuncak selama akhir pekan lalu telah mampu menghasilkan 114 juta dolar AS, lebih rendah 15 persen dibandingkan tahun lalu, kata pemerhati  box office, Hollywood.com.

Paul Dergarabedian dari Hollywood.com memperkitakan kini total nilai penjualan tiket domestik (AS dan Kanada) tahunan selama 2011 sampai akhir tahun ini adalah 10,1 miliar dolar AS, turun 4,45 persen dari gambaran tahun 2010.

Jumlah penonton pada 2011 sejauh ini turun 5 persen, sedangkan harga tiket rata-rata naik menjadi 7,96 dolar AS dari 7,89 dolar AS.

Tetap saja, permintaan film naik untuk sejumlah judul selama sepekan, dan diantara yang menanjak adalah komedi produksi Fox yang dibintangi aktor Matt Damon, "We Bought a Zoo."

Film ini mencatat penjualan tiket yang melompat hingga 139 persen dari Sabtu ke Minggu, kata 20th Century Fox.

Film ini ada di posisi 6 box office dengan meraup 15,6 juta dolar AS, tepat di belakang film keluarga "Tintin" yang berada di nomor  5 dengan total raupan keuntungan 16,1 juta dolar AS.

Film garapan Spielberg "War Horse" bertengger di posisi 7 dengan raihan pendapatan 15 juta dolar AS, sementara pendatang baru lainnya triler "The Darkest Hour" dibuka langsung menempati posisi delapan dengan pendapatan 5,5 juta dolar AS selama empat hari.

Di posisi 9 adalah "New Year's Eve" yang mencetak nilai penjualan tiket di bawah 5 juta dolar AS, sedangkan drama yang dibintangi George Clooney "The Descendants" menempati posisi 10 dengan pendapatan 3,4 juta dolar AS.

Paramount Pictures adalah unit dari Viacom Inc, sedangkan Warner Bros adalah bagian dari Time Warner Inc..

"The Girl  With the Dragon Tattoo" dirilis oleh divisi studio film dari Sony Pictures Entertainment yang merupakan unit dari Sony Corp.

"Chipwrecked" dan "Zoo" dirilis oleh divisi film dari 20th Century Fox yang adalah bagian News Corp.

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011