Binjai, Sumatera Utara (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Binjai Utara, Sumatera Utara, Komisaris Polisi Kuasa Purba, dicopot dari jabatannya, karena enam tahanan melarikan diri dari sel tahanan.

"Kami copot dari jabatan kapolsek Binjai Utara," kata Kapolres Kota Binjai AKBP Musa Tampobolon di Binjai, Rabu. Pencopotan itu langsung dilakukan di halaman Mapolres Binjai, dalam suatu apel luar biasa.

Jabatan kapolsek Binjai Utara langsung diserahterimakan kepada AKP Widya, dan Purba ditempatkan sebagai staf di Mapolres Binjai.

Pencopotan jabatan Kapolsek Binjai Utara ini, akibat kaburnya enam orang tahanan dari dalam sel, Senin (26/12).

Musa Tampubolon menerangkan, "Pencopotan ini merupakan risiko yang harus diemban pimpinan atas kesalahan yang dilakukan dirinya atau anak buahnya."

Sementara itu, dari enam orang tahanan yang kabur, lima di antaranya, Rabu (28/12), sudah ditangkap kembali. Keenam tahanan melarikan diri dengan cara menggergaji jerejak jendela sel kamar tahanan, kemudian kabur menuju rawa-rawa di belakang areal Mapolsek.

Empat dari lima orang tahanan ditangkap tersebut, diamankan di kawasan Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. "Para tahanan yang kabur tersebut merupakan residivis kasus curanmor, narkoba dan judi," kata Tampubolon. (ANT-218)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011