Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita Wiryawan mengatakan optimistis realisasi investasi pada 2011 mencapai Rp250 triliun atau melampaui target yang sebesar Rp240 triluiun.

"Insya Allah tahun 2011 PMA-PMDN realisasi investasi akan mencapai lebih dari target, kurang lebih mencapai Rp250 triliun. Artinya lebih dari target yang telah ditentukan tahun 2011 itu sebesar Rp240 triliun," kata Gita Wiryawan dalam konferensi pers di Istana Wapres, Jumat, seusai rapat pemberantasan korupsi.

Ia mengatakan, investasi saat ini tidak lagi hanya didominasi oleh sektor pertambangan. Investasi bidang infrastruktur juga terus berkembang.

"Kalau kita lihat investasi di bidang pertambangan tahun lalu di PMA nya saja itu hanya 2,2 miliar dolar AS dari total realisasi investasi PMA 17,3 miliar dolar AS. Jadi itu menunjukkan dan mencerminkan banyak sekali investasi nonpertambangan dan banyak sekali investasi di infrastruktur," katanya.

Ia menambahkan, beberapa proyek infrastruktur yang dibangun juga bakal mendorong arus investasi yang lebih cepat.

"Seperti kita ketahui dua hari yang lalu kita Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono,red) meresmikan PLTU di tiga lokasi, dua di Banten satu di Tanjung Jati sebesar 1700 MW. Ini saya rasa akan sangat mengobati apa pun yang menjadi kekhawatiran di kalangan komunitas internasional untuk memberikan persepsi yang jauh lebih positif," katanya.

Gita Wiryawan menambahkan, hasil pencapaian tersebut akan mendukung target investasi pada 2014 sebesar Rp400-Rp500 triliun.
(M041)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011