Banyuwangi (ANTARA News) - Hari ini diprediksi sebagai puncak kepadatan penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, menuju Gilimanuk, Bali, selama liburan akhir tahun.

"Hampir setiap tahun, puncak kepadatan di Pelabuhan Ketapang terjadi menjelang pergantian malam tahun baru karena banyak warga yang ingin menghabiskan libur tahun baru di Pulau Bali," kata Manajer Operasional PT Indonesia Ferry ASDP Ketapang, Saharudin Kotto kepada ANTARA.

Menurut dia, lonjakan penumpang dan kendaraan mulai terjadi sejak Kamis pekan lalu ketika mulai liburan sekolah yang bersamaan dengan Natal dan Tahun Baru 2012.

Meski diprediksi hari ini sebagai puncak, tap ASDP Ketapang berjanji untuk mencegah terjadinya penumpukan atau antrean panjang di Pelabuhan Ketapang.

Saharudin menjelaskan, jumlah penumpang yang menyeberang Pelabuhan Ketapang selama libur Natal dan Tahun Baru 2012 meningkat sekitar 15 persen dibandingkan periode sama tahun lalu, dari 15-17 ribu penumpan per hari menjadi 20 ribu penumpang per hari.

Kepadatan juga terjadi dari arah sebaliknya, penumpang kapal dari Bali menuju ke Pulau Jawa sudah memadati setiap kapal yang bersandar di Pelabuhan Ketapang dengan dominasi kendaraan roda dua.(*)

ANT/F002

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011