Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek Prof Nizam mendorong agar perguruan tinggi berperan dalam mencegah penyalahgunaan narkoba.

“Penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi keberlangsungan pendidikan tinggi, terutama bagi mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam mengawasi dan mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba,” ujar Nizam dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan pihaknya bersama dengan Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (Artipena) terus melakukan komunikasi, diseminasi informasi, dan edukasi kepada perguruan tinggi terkait upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba tersebut.

“Mari bersama-sama terus kita gerakkan kampus bebas dari narkoba, kampus bebas dari kekerasan, dan kampus bersih dari narkoba. Mudah-mudahan dengan itu, kita bisa mewujudkan generasi emas untuk Indonesia emas yang kita cita-citakan bersama,” kata Nizam.

Ketua Umum DPP Artipena, Sutarto Hadi, menegaskan bahwa Artipena memiliki komitmen yang tinggi untuk memberantas penyalahgunaan narkotika di lingkungan kampus.

Oleh karena itu, sebagai bentuk komitmen, Hadi menegaskan untuk selalu menjaga diri sendiri, keluarga, dan orang terdekat agar tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba.

“Kami ingin mengajak para pengurus dan juga pimpinan perguruan tinggi di seluruh Indonesia, terutama DPW-DPW yang sudah dilantik dan yang segera dilantik agar memiliki komitmen yang tinggi, komitmen bersama untuk menjaga fokus kita masing-masing dari penyalahgunaan narkoba,” kata Hadi.

Komitmen untuk memberantas penyalahgunaan narkoba ini dilakukan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki potensi, kualifikasi, dan juga karakter yang kuat, mengingat pada tahun 2030, Indonesia akan memperoleh bonus demografi. Dengan dilantiknya dewan pengurus pusat periode baru itu, Artipena diharapkan memiliki semangat baru untuk terus melanjutkan komitmennya dan menjadi mitra Ditjen Diktiristek dalam mewujudkan generasi emas bebas narkoba.
Baca juga: Ketua Artipena: Deteksi dini penting cegah narkoba di kampus
Baca juga: Wakil Rektor I USU membenarkan peredaran gelap narkotika di kampus
Baca juga: Pencegahan narkoba di kampus perlu upaya bersama, kata wakil rektor


Pewarta: Indriani
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2022