Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat merencanakan alokasi anggaran sebesar Rp80,4 triliun untuk belanja produk dalam negeri hingga Indeks Pariwisata Global RI naik menjadi pemberitaan ekonomi kemarin (30/5) yang masih menarik untuk disimak pada Selasa ini.

 

Kementerian PUPR akan belanjakan Rp80,4 triliun untuk produk lokal

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan telah merencanakan alokasi anggaran sebesar Rp80,4 triliun dari total pagu anggaran Rp105,7 triliun pada 2022 untuk belanja produk dalam negeri.

“Pada tahun anggaran 2022 ini kami telah merencanakan paling sedikit sekitar Rp80,48 triliun dari total pagu anggaran sebesar Rp105,7 triliun akan kami gunakan untuk belanja produksi dalam negeri, dan Ini terus dimonitoring, tercatat tanggal 25 Mei 2022 lalu angka ini sudah terlampaui,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Zainal Fatah saat membuka Temu Bisnis Tahap III bertajuk "Peran Rantai Pasok Dalam Negeri untuk Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia” di Jakarta, Senin

 

Menkeu: Sejumlah daerah akan bangun kawasan industri halal

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan sejumlah kepala daerah tertarik membangun kawasan industri halal di wilayahnya.

“Setelah kita luncurkan inisiatif di Sidoardjo (Jawa Timur) dan Cikarang (Jawa Barat). Beberapa gubernur juga katakan mau bangun kawasan industri halal,” kata Sri Mulyani usai rapat pleno kedua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yang dipimpin Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Jakarta, Senin

 

Sandiaga: Indonesia naik 12 peringkat dalam indeks pariwisata global

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan Indonesia menempati peringkat 32 atau naik 12 posisi dari 117 negara dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) tahun 2021 berdasarkan data yang dikeluarkan oleh World Economy Forum pada bulan Mei 2022.

“Kenaikan 12 peringkat ini kita capai dengan pandemi COVID-19 yang harus kita lalui dan begitu banyak kendala,” ucapnya dalam Weekly Press Briefing yang dipantau secara virtual, Jakarta, Senin.

 

Gulirkan Program Desa Devisa, Kemenperin-LPEI genjot ekspor IKM

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) sebagai upaya menggenjot ekspor Industri Kecil Menengah (IKM).

"Ditjen IKMA menyambut baik kerja sama dengan LPEI dalam pengembangan sentra IKM potensi ekspor melalui program pengembangan klaster komoditas ekspor (Program Desa Devisa) dengan berbasis pemberdayaan masyarakat atau komunitas (community development),” kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Reni Yanita lewat keterangannya diterima di Jakarta, Senin.

 

Kemenperin sempurnakan SIMIRAH dukung program MGC Rakyat

Kementerian Perindustrian menyempurnakan platform Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) untuk mendukung Program Minyak Goreng Curah Rakyat (MGC Rakyat) yang akan mulai berlaku 1 Juni 2022.

"Peran Kemenperin adalah menyediakan SIMIRAH 2 yang datanya mulai dari CPO sampai ke konsumen, di mana sebelumnya data diambil dari produsen. Kami menyempurnakan pengolahan data pada SIMIRAH 2 ini," ujar Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika di Jakarta, Senin.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2022