Washington (ANTARA News/AFP) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Selasa, mengatakan bahwa ia sekarang lebih optimistis daripada empat tahun lalu ketika memenang dalam kaukus Iowa yang menempatkan dia di jalan menuju kemenangan bersejarah dalam pemilihan umum menuju Gedung Putih.

Pada tahun 2008, saat masih seorang senator muda dari Illinois, Iowa dengan berani mengumumkan kampanye Obama untuk menjadi presiden kulit hitam pertama Amerika, menyuarakan pesannya tentang harapan dan perubahan.

Mencalonkan diri tanpa pesaing dalam kaukus Partai Demokrat 2012 di Iowa pada Selasa lalu, Obama menghadapi pertempuran yang sulit untuk pemilihan umum presiden di bulan November mendatang guna memenangi masa jabatan periode kedua atas penantangnya dari Partai Republik ditengah-tengah buruknya perekonomian Amerika Serikat dan tingginya tingkat pengangguran.

Berbicara melalui konferensi video dari sebuah hotel di Washington, ia mengatakan para pendukung kaukus Iowa bahwa ia telah menjadi lebih "beruban" sejak kemenangannya pada tahun 2008 atas


Hillary Clinton

Tapi ketika ditanya oleh salah satu pendukungnya dari Iowa jika ia masih percaya pada harapan dan perubahan, Obama menjawab: "Dalam beberapa hal, saya sebenarnya lebih optimistis sekarang daripada ketika saya pertama kali mencalonkan diri."

"Kami sudah melihat perubahan terjadi. 2012 adalah tentang mengingatkan rakyat Amerika seberapa jauh kita sudah bergerak."

Dia menyoroti akhir untuk perang di Irak, reformasi pelayanan kesehatan yang menjadi ciri khasnya dan janji untuk membuat biaya pendidikan tinggi lebih terjangkau bagi semua.

Masih kesal dengan bulan-bulan pertarungan politik di Washington yang mana Obama telah melihat agenda-agendanya terhalang oleh Partai Republik di Senat, Obama mengecam pesaingnya yang mendukung "pemotongan pajak untuk kelompok kaya di antara kita. "

Dan dia menekankan, "Kami telah melakukan banyak hal dan kami memiliki lebih banyak hal lagi untuk dilakukan. Itulah mengapa kami butuh empat tahun lagi."

Jajak pendapat awal dari kaukus Partai Republik di Iowa menunjukkan persaingan ketat antara mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney, veteran senator Texas Ron Paul dan mantan Senator Rick Santorum.

Kemenangan di Iowa dapat memberikan dorongan besar bagi seorang kandidat, dan membuka pendanaan utama saat mereka menuju proses pencalonan di negara-negara bagian. Calon Partai Republik akan dinobatkan dalam konvensi partai pada akhir tahun ini.

(G003/M016)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2012