Semarang (ANTARA News) - Tunggal putra pelatnas asal Djarum Kudus, Dionysius Hayom Rumbaka, gagal membalas kekalahan atas pemain Denmark Jan O Jorgensen pada kejuaraan bulu tangkis Victor Korea Open Super Series di Seoul, Korea Selatan.

Berdasarkan laman tournamentsoftware, Rabu malam, disebutkan, Hayom yang kini menempati peringkat 30 dunia menyerah dari Jorgensen dua set langsung 23-25 dan 12-21 dalam waktu 36 menit.

Ketua PB Djarum Kudus, Yoppy Rosimin, ketika dihubungi dari Semarang, mengatakan, kemungkinan Hayom kehabisa tenaga karena terkuras pada set pertama yang berlangsung ketat.

Dengan kekalahan ini, skor Hayom melawan Jorgensen yang kini menempati peringkat 16 dunia menjadi 0-2 karena pada Jepang Open 2011 Hayom kalah 14-21 dan 16-21 dari tunggal Denmark tersebut.

Pada set pertama sebenarnya Hayom sempat memimpin perolehan angka 15-12, 18-13 hingga 19-18 kemudian terjadi douce 20-20.

Setelah itu sempat terjadi douce sebanyak tiga kali kali nam kali 21-21, 22-22, 23-23 sebelum akhirnya Hayom menyerah dengan angka 23-25.

Tetapi pada set kedua, perolehan angka Hayom selalu tertinggal dari lawannya mulai dari 1-4 hingga akhirnya set ini ditutup dengan angka 12-21 untuk kemenangan pemain dari Denmark tersebut.

Dengan hasil ini pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 1 juta dolar Amerika Serikat ini, untuk tunggal putra Indonesia tinggal menyisakan Simon Santoso pada babak kedua.

Simon Santoso yang menempati unggulan kedelapan ini melangkah ke babak kedua setelah mengalahkan tunggal Jepang, Kazushi Yamada dengan dua set langsung 21-11 dan 21-16 dalam waktu 38 menit.

"Sebetulnya saya sudah mempersiapkan diri untuk bermain lebih lama karena dia pemain yang ulet. Tetapi saya bisa mengalahkannya dalam dua gim langsung," kata Simon seperti yang dikutip dari situs resmi PBSI tersebut.

Menurut dia, kali ini dirinya mempu mengolah bola lebih lama kemudian menyerang. "Kalau langsung menyerang mungkin sulit karena dia memiliki pertahanan yang bagus sehingga saya cari akal agar bisa mematikan bola," katanya.

Pada babak kedua Simon Santoso akan bertemu tunggal putra Inggris, Rajiv Ouseph yang sebelumnya mengalahkan Taufik Hidayat dengan dua set langsung 21-19 dan 21-15.

Selain Taufik dan Hayom Rumbaka yang tumbang pada babak pertama, Tommy Sugiarto yang menempati peringkat 17 dunia juga kalah dari unggulan keenam Sho Sasaki dengan dua set langsung 14-21 dan 12-21 dalam waktu 38 menit.

Sementara itu unggulan ketiga dari China, Chen Long juga terseingkir setelah kalah dari tunggal putra tuan rumah Hsu Hao Jen dengan angka 20-15 kemudian pemain China itu mengundurkan diri.

Sementara itu pada ganda campuran akhirnya Indonesia hanya menyisakan pasangan Tantowi Ahmad/Lilyana Natsir yang mengalahkan pasangan Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels dengan tiga set 16-21,21-18, dan 21-13 dalam waktu 50 menit.

"Pada gim pertama kami kecolongan star, mereka lebih cepat menyesuaikan keadaan lapangan sementara kami agak terlambat. Untung kami bisa menguasai gim kedua dan ketiga, kami sudah mengetahui permainan mereka seperti apa," kata Lilyana Natsir.

Kuncinya, kata Lilyana Natsir harus bermain sabar terutama saat menyerang karena pertahanan mereka cukup bagus.

Pada babak kedua mereka akan bertemu ganda campuran Jepang, Noriyasu Hirata/Miyuki Maeda yang sebelumnya mengalahkan TobyNg/Grace Gao dengan angka 21-10 dan 21-16.

Sementara itu pasangan Nova Widianto/Vita Marissa gagal membendung unggulan kedua dari China, Xu Chen/Ma Jin dan kalah dengan dua set langsung 9-21 dan 10-21 dalam waktu 29 menit.
(T.H015/M028)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2012