Jakarta (ANTARA News) - Jika anda menginginkan anak anda menjadi lebih pintar , jangan hanya memberitahu mereka untuk duduk di kursi depan dan membaca sepanjang waktu. Mulai sekarang dan selanjutnya biasakanlah mereka untuk berolahraga bersama, buatlah beberapa kelompok olah raga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktifitas fisik dapat memperbaiki prestasi akademik dari anak- anak dan remaja.

Seperti dikutip dari Daily mail, Para ilmuwan dari Belanda mengumpulkan data dari 14 penelitian dengan sejumlah responden dari 12 hingga 53 ribu anak berusia 6 tahun hinga 18 tahun.

"Menurut hasil penelitian terbaik, kami menemukan bukti kuat dari asosiasi positif dari aktifitas fisik dengan perbaikan akademis anak," Ujar seorang pimpinan penelitian Dr. Amika Singh of Vrije University di Amsterdam, dalam jurnal arsip Paediatrics & Adolescent Medicine.

Menurutnya, aktifitas fisik membantu kemampuan mental untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak sehingga stress akan berkurang dan mood akan membaik.

Olahraga juga meningkatkan faktor pertumbuhan yang membantu memproduksi sel syaraf baru dan membantu menghubungkan kembali syaraf.
.(yud)


Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2012