Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) mengajak kepengurusan baru Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Jakarta Timur untuk bersama-sama memajukan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar di Jakarta, Jumat, mengatakan dengan adanya kepengurusan baru BPC HIPMI Jakarta Timur diharapkan dapat membawa semangat berwirausaha bagi generasi muda.

"Harapan saya dengan adanya HIPMI akan membawa semangat mengembangkan wirausaha muda yang ada di Jakarta Timur khususnya," kata Anwar. 

Ia menambahkan bahwa pelaku UMKM menjadi salah satu yang terdampak akibat pandemi COVID-19 sehingga membutuhkan bantuan dari berbagai pihak.

Baca juga: HIPMI Jaya pastikan Jakarta masih pusat ekonomi meski ibu kota pindah

"Kita sangat tahu belakangan ini banyak UMKM kolaps. Banyak kena PHK dan sebagainya. Jadi, perlu kita fasilitasi, kita bantu, kita bina memajukan sektor UMKM," ujar Anwar.

Sementara itu, Ketua Umum BPC HIPMI Jakarta Timur Muhammad Arif mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan rencana program kerja dalam memajukan sektor UMKM yang menjadi fokus utama.

"Kita fokusnya UMKM dan menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau kemarin saat COVID-19 kita fokus pemulihan kesehatan dan ekonomi," ujar Arif.

Arif berharap dengan adanya HIPMI dapat membawa semangat bagi warga terutama generasi muda untuk berwirausaha.

Baca juga: HIPMI optimis ekonomi tumbuh saat pandemi COVID-19

"Harapannya dengan kehadiran HIPMI bisa 'scale up' pengusaha muda baru yang tadinya kecil bisa menengah, yang tadinya menengah bisa besar," kata Arif.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022