Houston (ANTARA) - Diplomat asal China menilai pertukaran universitas dan kerja sama pendidikan antara China dan Amerika Serikat (AS) tidak hanya merupakan signifikansi akademis, tetapi juga menjadi ikatan penting antara kedua bangsa, khususnya kaum muda.

Duta Besar (Dubes) China untuk AS Qin Gang menyampaikan pernyataan tersebut dalam kunjungan ke Rice University di Houston, AS pada Kamis (2/6).

Dia menjelaskan pertukaran dan kerja sama di sektor pendidikan memainkan peran penting dalam memperdalam sikap saling memahami antara kedua negara.

 
   Kedutaan China di AS berkomitmen pada peningkatan kerja sama pendidikan China-AS dan akan terus memberikan dukungan bagi Rice University serta universitas-universitas Amerika lainnya untuk melakukan pertukaran dengan China, urai Qin


Qin juga mengecam sejumlah upaya yang menekan dan memperlemah pertukaran pendidikan dan kebudayaan China-AS atas dasar alasan politik.

Dia turut menyampaikan harapannya bahwa Rice University akan terus meningkatkan kerja sama bersahabat dengan China serta menyediakan lingkungan yang aman dan terjamin bagi lebih dari 1.000 mahasiswa China yang menuntut ilmu di sana.

Sementara itu Presiden Rice University David W Leebron menyerukan peningkatan upaya untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh pandemi virus corona pada pertukaran budaya dan antarindividu antara kedua negara.

Kerja sama AS dengan China telah menjadi bagian penting dari internasionalisasi Rice University, jelas Leebron.

Pada saat hubungan AS-China menghadapi tantangan sulit, sejumlah universitas terus memainkan peran istimewa untuk mempererat kedua bangsa, ungkap dia.

Leebron menambahkan hal itu juga merupakan investasi terbaik bagi masa depan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022