Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan Sisa Anggaran Lebih (SAL) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011 mencapai Rp80 triliun dan sebesar Rp30 triliun dari jumlah tersebut akan diprioritaskan untuk infrastruktur.

"Dari total Rp30 triliun, 20 persen harus dialokasikan kepada pendidikan. Kemudian sisa Rp24 triliun itu rencananya akan diprioritaskan untuk infrastruktur," kata Agus usai menghadiri Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di kantor Menko Perekonomian, Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (10/1).

Agus menjelaskan pemerintah tengah membuat rumusan sisa anggaran senilai Rp24 triliun itu untuk memperbaiki infrastruktur di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

"Sebelum direalisasikan, sekarang pemerintah masih harus membicarakan rencana tersebut dengan DPR sebelum merealisasikannya," kata Agus.

Agus menyetujui jika 50 persen dari Rp24 triliun itu dialokasikan untuk infrastruktur yang bermanfaat bagi perekonomian rakyat Indonesia.

"Kami setuju kalau 50 persen dari Rp24 triliun itu benar-benar dialokasikan untuk infrastruktur, karena memang merupakan prioritas," kata Agus.

Agus menambahkan jika rencana tersebut disetujui oleh DPR, maka selanjutnya akan digabung ke dalam APBN-P dan digunakan untuk membiayai proyek-proyek yang berjangka waktu lebih dari satu tahun. (T.R027)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2012