Jakarta (ANTARA News) - PT Pos Indonesia menggandeng Bank Mandiri untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke seluruh pelosok nusantara.

"Kami sudah menyekapati kerja sama ini dengan Bank Mandiri agar penyaluran dana KUR lebih merata ke seluruh pelosok Indonesia," kata Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT Pos Indonesia, Setyo Riyanto, di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, dalam kerja sama itu Bank Mandiri telah menyampaikan keinginannya untuk memperluas penetrasi pasar dalam program KUR.

Hal itu karena keberadaan outlet dan kantor-kantor bank tersebut yang belum seluas jaringan PT Pos Indonesia.

"Mandiri melihat keberadaan kami, ia belajar dari Kiwi Bank di New Zealand yang membuka outletnya di setiap kantor pos," katanya.

Sampai saat ini, melalui kerja sama tersebut sudah dioperasionalkan pembukaan kantor Bank Mandiri di enam kantor pos di beberapa titik.

"Pada 2012 jumlah itu akan terus ditingkatkan dan kami siap untuk diperluas di 3.817 kantor pos seluruh Indonesia," katanya.

Kerja sama itu meliputi sisi fisik pembukaan kantor Bank Mandiri di kantor pos-kantor pos sekaligus kerja sama dalam penyaluran KUR.

Sebelumnya pemerintah menyampaikan penyaluran KUR pada 2012 ditargetkan dapat mencapai Rp30 triliun dengan jangkauan debitur yang lebih luas ke seluruh Indonesia.

Peningkatan target itu akan diiringi dengan penambahan bank penyalur KUR.

Ditargetkan pula mulai Januari 2012, jumlah penyalur KUR akan bertambah 13 bank yakni 13 Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang sampai saat ini belum menjadi penyalur program KUR.

Hampir seluruh bank pelaksana KUR berupaya mendorong semakin meningkatnya penyaluran kredit tersebut termasuk Bank Mandiri sebagai salah satu bank terbesar di Tanah Air.(H016)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2012