Jakarta (ANTARA News) - Manajer Barcelona Pep Guardiola tidak sebatas ciamik meracik strategi di lapangan tetapi punya kekuatan mewujudkan kata menjadi perbuatan nyata.

Guardiola tidak ingin besar omong. Nyatanya, ia mampu memotivasi Lionel Messi dan Xavi untuk menjadi pemain besar di jagat sepak bola, bahkan Messi menyabet tiga kali penghargaan Ballon d'Or. Guardiola memacu dirinya menjadi yang terbaik. Bahkan dia dinobatkan sebagai pelatih terbaik 2011.

"Tidak perlu bicara kepada pemain seperti Messi, Xavi atau Iniesta untuk memotivasi mereka. Mereka saling berkompetisi. Mereka mencintai dan menikmati sepak bola. Ini yang menyebabkan alasan Xavi tampil optimal. Anda tidak dapat menjadi yang terbaik jika anda tidak memberi yang terbaik pula," katanya sebagaimana dikutip dari laman Barcelona.

Ketika ditanya soal dukungan melimpah dari fans Barcelona, Guardiola menyatakan, "Para pemain telah berkembang bersama dengan fans. Mereka sudah saling berbagi optimisme. Soal menang atau kalah, itu soal lain."

Soal Real Madrid, Guardiola mengatakan, "Kami memandang lawan sebagai pesaing yang bakal menyemangati kami di setiap laga. Bahwa kami kini berada di bawah mereka (Real Madrid) tentu kenyataan ini tidak menyurutkan semangat kami sampai akhir musim kompetisi."
(A024) 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2012