Brussel (ANTARA) - Pengisi daya untuk perangkat elektronik portabel berukuran kecil dan medium di Uni Eropa (UE) akan diselaraskan pada 2024 setelah para negosiator Parlemen dan Dewan Eropa melakukan kesepakatan pada Selasa (7/6).

"Pada musim gugur 2024, USB Type-C akan menjadi port pengisian daya umum untuk semua ponsel, tablet dan kamera di UE," kata sebuah rilis pers dari Parlemen.

Perangkat-perangkat yang terdampak aturan baru tersebut meliputi ponsel, tablet, e-reader, earbud, kamera digital, headphone, headset, konsol permainan (videogame) genggam dan pengeras suara (speaker) portabel yang dapat diisi ulang melalui kabel, keyboard, mouse komputer dan perangkat navigasi portabel, menurut pelapor Parlemen Eropa Alex Agius Saliba.
 
Para pabrikan laptop juga harus mematuhi regulasi baru itu, namun mereka akan mendapat perpanjangan tambahan tenggat waktu untuk mematuhi regulasi baru, yakni 40 bulan setelah pemberlakuan aturan tersebut.   Para konsumen Eropa akan dapat menghemat hingga 250 juta euro per tahun untuk pembelian pengisi daya yang tidak perlu sebab mereka akan dapat menggunakan satu pengisi daya untuk beberapa perangkat.


Ketentuan tentang pengisian daya nirkabel juga telah dibuat, mengingat penggunaannya yang kian umum di kalangan konsumen, kata Agius Saliba.

Para konsumen akan dapat memilih apakah mereka ingin membeli perangkat baru dengan atau tanpa pengisi daya.

Dua manfaat penting dari regulasi baru tersebut, kata pelapor, yakni para konsumen akan mendapatkan kesepakatan yang lebih adil, begitu juga dengan lingkungan.
 
 Para konsumen Eropa akan dapat menghemat hingga 250 juta euro per tahun untuk pembelian pengisi daya yang tidak perlu sebab mereka akan dapat menggunakan satu pengisi daya untuk beberapa perangkat


Mengenai lingkungan, diperkirakan bahwa pengisi daya yang tidak terpakai menghasilkan sekitar 11.000 ton limbah elektronik setiap tahunnya.

Aturan baru itu harus secara resmi disetujui oleh Parlemen Eropa dan Dewan Eropa setelah liburan musim panas, dan kemudian diterbitkan dalam Jurnal Resmi UE.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022