Makassar (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menargetkan pendapatan per kapita masyarakat dapat mencapai 3.000 dolar Amerika per tahun.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, di Makassar, Sabtu, mengatakan, target tersebut dapat dicapai jika rata-rata pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulsel dapat dipertahankan di atas delapan persen selama tiga tahun berturut-turut.

Pendapatan per kapita masyarakat yang mencapai di atas 1.500 dolar Amerika per tahun pada 2011 dengan pertumbuhan ekonomi 8,46 persen, menurutnya, karena Sulsel mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi pada angka tujuh hingga delapan persen dalam tiga tahun terakhir.

Pada 2008 pendapatan per kapita masyarakat Sulsel Rp7 juta. Kemudian pada 2009 mencapai Rp11 juta. Sementara pada 2010, pendapatan per kapita Sulsel tercatat mencapai Rp13 juta.

Untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi tetap berada di atas delapan persen, ia menekankan agar seluruh pihak menjaga stabilitas keamanan daerah terutama pada tahun ini menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel pada 2013.

Ia menegaskan, dinamika politik tidak boleh mengganggu sektor lainnya terutama pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Di bidang ekonomi, sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong peningkatan pendapatan masyarakat diantaranya adalah dengan memaksimalkan seluruh dimensi pertanian dan meningkatkan nilai tambah komoditas.

Ia menambahkan. Jika pendapatan masyarakat berkisar antara dari 1.500-3.000 dolar Amerika, maka ekonomi suatu daerah atau negara tergolong sangat pesat seperti di China, Brazil atau India.

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2012