Kota Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengalokasikan dana sebesar Rp300 juta untuk konsumsi panitia pelaksanaan haji tahun 2022 dan pengadaan konsumsi ini sudah dilakukan lelang.

"Pemenang lelang nantinya bertanggung jawab terhadap penyediaan konsumsi panitia selama penyelenggara keberangkatan dan kepulangan jamaah haji dari Tanah Suci," kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Riau Zulkifli Syukur kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan saat keberangkatan jamaah calon haji (JCH) Riau di Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) tersebut, biaya konsumsinya ditanggung Pemrov Riau.

Baca juga: Pemprov Riau siapkan Rp11 M sewa pesawat untuk jamaah haji

Anggaran konsumsi yang sama, katanya, juga dialokasikan untuk panitia haji di Batam, baik saat keberangkatan jamaah dan saat kepulangan dari Tanah Suci.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin mengatakan sebanyak 2.290 jamaah calon haji Riau (JCH) reguler akan diberangkatkan ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M.

Ia mengatakan pihaknya terus mematangkan berbagai persiapan keberangkatan JCH tersebut sesuai dengan rencana. JCH Indonesia akan masuk asrama pertama pada 3 Juni 2022.

"Sejak 4 Juni JCH Indonesia sudah terbang ke Madinah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji. Untuk JCH Riau akan diberangkatkan melalui embarkasi haji Batam direncanakan pertengahan Juni, saat ini kami masih menunggu surat resmi kloter berapa JCH Riau yang akan di berangkatkan dari Embarkasi Batam,” katanya.

Baca juga: 2.290 CJH Riau diberangkatkan awal Juni 2022

Baca juga: Kuota Haji Riau tahun 2022 sebanyak 2.304 orang

Pewarta: Frislidia
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022