Pontianak (ANTARA News) - Menjelang perayaan Imlek 2563 dan Cap Go Meh, tiket pesawat dari Jakarta tujuan Pontianak telah terjual habis meskipun dihargai Rp1 juta lebih per penumpang.

"Saat ini harga tiket di Jakarta tujuan Pontianak sudah habis terjual, dan untuk penerbangannya rata-rata sudah penuh dengan harga tiket di atas Rp1 juta," kata Kepala Divisi Operasi PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani di Sungai Raya, Selasa.

Namun sebaliknya, harga tiket dari Pontianak menuju daerah lain masih dalam kondisi normal. Ia memperkirakan, setelah pelaksanaan Imlek dan Cap Go Meh, harga tiket penerbangan dari Pontianak juga akan naik.

"Hal itu kita lihat pada tahun-tahun sebelumnya, dimana harga tiket setelah Imlek dan Cap Go Meh naik dengan sendirinya, seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen," kata Syarif Usmulyani.

Ia menambahkan, saat ini setiap maskapai yang menggunakan Bandara Supadio juga sudah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan tingginya frekuensi penerbangan.

"Salah satunya dengan melaksanakan perawatan terhadap pesawat, agar ketika penerbangan padat, pesawat yang digunakan bisa berfungsi dengan baik," ujar dia.

Selain itu, sejumlah maskapai di Bandara Supadio Pontianak sudah mengajukan penambahan frekuensi penerbangan.

"Beberapa maskapai penerbangan seperti Garuda dan Batavia juga sudah mengajukan penambahan jam terbang karena dipastikan terjadi kenaikan jumlah penumpang baik saat Imlek maupun pelaksanaan Cap Go Meh di Kalbar," kata Usmulyani.

Dia menyatakan, pada tahun-tahun sebelumnya saat pelaksanaan Imlek dan Cap Go Meh terjadi kenaikan jumlah penumpang hingga 60 persen dari hari biasa.

"Wisatawan juga akan meningkat, sebagian dari mereka akan berkunjung ke Pontianak dan Singkawang yang menjadi tujuan wisata, atau ada juga warga Tionghoa yang selama ini merantau ke luar Kalimantan Barat, kembali ke daerah asal mereka," kata Usmulyani.

Kondisi itu yang sudah diantisipasi pengelola Bandara Supadio Pontianak bersama maskapai yang memanfaatkan jasa bandara terbesar di Kalbar itu.

Cap Go Meh merupakan hari ke-15 dalam tahun Imlek.

(T011/N005)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2012