Gorontalo (ANTARA News) - Pengurus ICMI Orwil Gorontalo periode 2012-2017 di bawah pimpinan Prof Dr Winarni Dien Monoarfa dilantik oleh Presidium ICMI Pusat, Dr Ilham Akbar Habibie, Selasa.

Ilham Akbar Habibie saat ditemui seusai pelantikan, mengatakan peran ICMI Gorontalo saat ini ditunggu oleh masyarakat dalam memberikan solusi bagi permasalahan mereka.

"ICMI harus memberikan solusi konkret yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat, dengan demikian perannya dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Prof Winarni menjelaskan, ke depan ICMI Gorontalo akan bergerak memberdayakan masjid-masjid dan menjadikannya sebagai jantung kehidupan umat muslim.

"Selama ini masjid hanya menjadi tempat ibadah ritual, nantinya akan kita kembangkan dengan program pengembangan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan sehingga menjadi jantung masyarakat," katanya

Pada kesempatan tersebut hadir Wakil Gubernur Idris Rahim, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Marthen A Taha, dan Rektor IAIN Sultan Amai, Prof Muhammadiyah Amin.

Dalam sambutannya, Idris meminta ICMI sebagai organisasi kaum cendekiawan untuk memberikan sumbangsihnya dalam proses pembangunan Gorontalo.

"Pelantikan ini merupakan momentum penting bagi terwujudnya sigergitas ide dan tindakan antara kaum cendekiawan dan pemerintah daerah," ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, Gorontalo saat ini menghadapi banyak problem yang butuh peran nyata kaum terdidik untuk menyelesaikannya.

"Kemiskinan dan pengangguran yang masih tinggi, tingkat pendidikan dan kesehatan yang masih rendah," ungkapnya menyebut problematika Gorontalo.

Dikatakan, untuk mengatasi itu, mulai tahun ini Pemprov Gorontalo mencanangkan program pendidikan dan kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Gorontalo.(ANT)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2012