Mekkah (ANTARA) - Jamaah calon haji (JCH) Indonesia yang berada di Madinah akan mulai diberangkatkan ke Mekkah, Arab Saudi pada Minggu (12/6) dan akan mengambil miqat atau mengambil niat berihram di Bir Ali untuk memulai umrah wajib sebagai rangkaian ibadah haji.

Kasie Sektor Bir Ali Aruji Maswatu dikutip Media Center Haji di Madinah, Sabtu menjelaskan, jamaah haji di Madinah ke Mekkah pada 12 Juni dan diberangkatkan pada pukul 16.00 waktu Arab Saudi (WAS) setelah shalat Ashar.

Jamaah yang akan diberangkatkan dari Madinah ke Mekkah pada 12 Juni yaitu kelompok kerja (kloter) 1 Embarkasi Solo (SOC 1) dan kloter 1 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 1).

Bir Ali merupakan masjid yang berjarak sekitar 11 kilometer dari Masjid Nabawi sebelah barat Lembah Aqiq atau sekitar 15 menit waktu berkendara.

Baca juga: Jamaah dilarang bentangkan spanduk hingga merokok di Masjid Nabawi

Baca juga: Kapuskes Haji: Jamaah haji jangan takut "beser"
Baca juga: 1.963 calon haji dari Embarkasi Padang sudah tiba di Madinah


Kemudian pendataan jamaah haji terus dilakukan, mulai dari jam kedatangan hingga jumlah jamaah yang sudah di Bir Ali sesaat sebelum tiba di Mekkah.

Ketika tiba di Bir Ali, jamaah turun sesuai urutan busnya dan akan diarahkan ke pintu-pintu khusus bagi jamaah perempuan dan laki-laki untuk berwudhu.

Para petugas di Bir Ali siap mengarahkan para jamaah haji hingga ke masjid, baik jamaah perempuan dan laki-laki akan dipisahkan.

Ketika sudah sampai di Masjid Bir Ali, para jamaah shalat sunah dua rakaat, baik shalat tahyatul masjid maupun sholat sunah umrah dua rakaat lalu berdoa.

"Sebelum meninggalkan masjid, di situ berniat umrah wajib lalu petugas arahkan ke bus lewat pintu masuk yang sama, pintu masuk dan keluar sama," kata Aruzi.

Kemudian, para petugas akan memastikan seluruh jamaah setelah berniat dan berihram untuk tidak melanggar larangan ihram seperti memakai pakaian dalam bagi jamaah laki-laki, tidak menggunting rambut, memakai wangi-wangian.

Para jamaah dipastikan harus berniat umrah sebelum bus jalan ke Mekkah. Nantinya juga para petugas akan mendata seluruh jamaah sebelum keberangkatan ke Mekkah, jangan sampai ada jamaah yang tertinggal lalu akan melapor ke petugas daerah kerja Mekkah.

Jamaah pastikan sudah memakai ihram dari hotel dan tugas dari petugas akomodasi per sektor memastikan jamaah sudah pakai ihram.

Sebanyak 15 petugas di antaranya tiga petugas perempuan ditempatkan di Bir Ali. Petugas bekerja dari pukul 07.00 pagi sampai 16.00 waktu Arab Saudi.

Baca juga: Kantor Kesehatan Haji Madinah siap layani jamaah haji Indonesia

Baca juga: PPIH pastikan kesiapan fasilitas untuk jamaah haji Indonesia di Mekkah

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022