Pekanbaru (ANTARA News) - Pada perayaan Tahun Baru Imlek 2012 ini, Ikatan Keluarga Tionghoa Pekanbaru (IKTP) bersama sejumlah organisasi persaudaraan etnis Tionghoa lainnya di Riau menjadualkan aksi barongsai dari Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang yang sempat beberapa kali juara dunia.

"Rencananya, kalau tidak ada halangan waktu, atraksi barongsai HTT ini akan dilaksanakan pada hari kedelapan Imlek. Atau tepatnya tanggal 30 Januari 2012," kata Dewan Pembina IKTP, Sidharta di Pekanbaru, Kamis.

Barongsai HTT kata dia, merupakan perkumpulan para seniman barongsai yang sempat beberapa kali menjuarai "pertarungan" barongsai bertaraf Internasional.

"Bahkan China, tempat muasal kesenian tersebut, jauh tertinggal dengan barongsai HTT Padang. Saingan beratnya saat ini justru Malaysia, bukan China," kata Sidharta.

Barongsai HTT nantinya kata Sidharta, akan menyajikan berbagai pertunjukan menarik, salah satunya yakni atraksi memanjat tiang.

Selain itu, ujarnya, ada juga pertunjukan "pembersihan" atau pensucian sejumlah rumah ibadah dan toko-toko milik warga sekitar.

"Aksi kesenian barongsai HTT ini nantinya akan berpusat di Kampung Melayu Tionghoa Pekanbaru yang berada di Jalan Karet. Diharapkan, masyarakat umum, tidak hanya etnis Tionghoa dapat menikmati pertunjukan ini," kata Sidharta.

Pertunjukan barongsai HTT tersebut, menurut dia merupakan pesta puncak menyambut datangnya Tahun Bari Imlek 2012.

Selain atraksi barongsai HTT ini, kata Sidharta, pihak panitian penyelenggara juga telah merangkai sejumlah kegiatan lainnya, yakni diawali dengan penyambutan detik-detik Tahun Baru Imlek 2563/2012 pada tanggal 22 Januari mendatang.

"Untuk menyambut detik-detik malam pergantian tahun ini, juga akan dilaksanakan di Kampung Melayu Tionghoa Pekanbaru, di Jalan Karet dengan ditandai persta kembang api," demikian Sidharta.

(KR-FZR)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2012