Kupang (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan, Natal 2011 menjadi momentum dan pijakan yang makin kuat bagi umat Kristiani Indonesia, untuk memberikan peran dan kontribusi yang besar bagi kemajuan bangsa dan negara.

"Saya harapkan, perayaan Natal ini menjadi momentum bagi umat Kristiani untuk memberikan peran yang lebih besar bagi kemajuan bangsa ini," kata Anas Urbaningrum pada Natal Nasional Partai Demokrat, di Kupang, Kamis malam.

Natal Nasional Partai Demokrat 2011 itu bertemakan "Kader Partai Demokrat menjadi Terang Bagi Sesama".

Menurut dia, terang adalah cita-cita bersama, sesuatu yang diharap dan dirindukan dan lawan terbaik dari kegelapan serta pilihan yang paling bertanggung jawab bagi masa depan bangsa Indonesia.

"Karena itu, tema terang ini menjadi semangat yang kuat bagi kader partai Demokrat untuk makin meningkatkan keterlibatan, peran bagi ikhtiar kita mengatasi masalah-masalah yang dihadapi bangsa kita," kata Anas.

"Kita ingin semangat dari gelap menuju terang. Kita ingin masalah-masalah yang dihadapi bangsa ini bisa dicarikan solusi terbaik. Kita ingin kemiskinan berubah menjadi kesejarhteraan dan kemakmuran, kita ingin kebodohan menjadi pendidikan dan kecerdesaan. Kita ingin konflik berubah menjadi kerukunan, kita ingin kekerasan berubah menjadi kedamaian, keterbelakangan berubah menjadi kemajuan, kita ingin pesimesme berubah menjadi optimisme, kita ingin bangsa kita makin hari makin maju dan bermartabat," katanya.

Dia mengatakan, semangat terang inilah yang diharapkan menjadi panduan psikologis, mental dan spiritual bagi kader-kader Partai Demokrat, khsususnya bagi yang umat Kristiani.

Karena dengan itu pula, kader-kader Partai Demokrat bisa meningkatkan pengabdian menjadi manusia-manusia yang peduli, yang siap membantu, siap menolong, siap meringankan beban khususnya saudara-saudara yang susah, papah, fakir dan miskin.

"Ini adalah lapangan pengabdian kemanusiaan yang sungguh luas dan agama, termasuk kegiatan-kegiatan politik, sesungguhnya akan meningkat menjadi mulai dan luhur kalau diarahkan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan dan mngharapkan bantuan bersama," katanya.

Spirit inilah yang penting menjadi untuk panduan moralitas politik kader Partai Demokrat dan juga panduan moralitas bagi bangsa ini untuk menjadi bangsa yang besar, utuh bersatu, bermartabat dan rakyatnya makin maju.

Anas menambahkan, penyelenggaraan Natal Nasional di NTT ini menunjukkan bahwa Partai Demokrat menginginkan agar kegiatan-kegiatan nasional bukan hanya diselenggarakan di Jakarta, tetapi juga di daerah-daerah.

Dengan demikian, ada ikatan yang makin kuat dan kokoh antara pusat dan daerah di seluruh Indonesia, kata Anas Urbaningrum.  (B017/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2012