Berlin (ANTARA News) - Borussia Moenchengladbach membantai Bayern Munich 3-1 lewat dua gol hasil tembakan Patrick Herrmann dan satu dari Marco Reus untuk naik ke posisi kedua dan berselisih hanya satu poin dengan pemimpin klasemen itu saat Liga Utama Jerman (Bundesliga) kembali bergulir setelah libur musim dingin selama sebulan.

Gladbach, yang menteror Bayern dengan serangkaian serangan secepat kilat, merayap naik ke posisi kedua dengan 36 poin dari 18 pertandingan setelah membukukan dua kali kemenangan di laga liga utama atas tim tamu mereka itu.

Bayern, yang kalah 0-1 oleh tim yang sama di hari pembukaan musim tahun lalu, tidak bisa mengembangkan permainan mereka menjadi lebih kreatif setelah tidak diperkuat oleh pemain sayap mereka yang diskors, Franck Ribery.

"Kami tidak melakukan serangan apa pun hari ini. We lacked any punch today. Hal yang mengejutkan adalah gol kedua (Gladbach) sesaat menjelang waktu turun minum," ujar pelatih Bayern Jupp Heynckes kepada wartawan.

"Sulit untuk kembali bermain dengan baik setelah itu," akunya.

Tim tuan rumah Gladbach, yang musim lalu terhindar dari zona degadrasi, memanfaatkan suatu kesalahan besar kiper Manuel Neuer yang jarang terjadi namun spektakuler untuk meraih keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-11.

Kiper Bayern tersebut salah memperkirakan umpan yang diantisipasi Reus dan dia menembakkan umpang matang itu ke gawang yang tidak terjaga dari jarak 30 meter untuk mengklaim golnya yang kesepuluh di liga pada pertandinganf Juma itu.

Pada awal bulan ini, pencetak gol terbanyak Gladbach, Reus, setuju untuk bergabung dengan Borussia Dortmund pada akhir musim ini. Menurut sejumlah berita media massa, biaya transfernya kemungkinan adalah sebesar 17 juta euro (21,96 juta dolar).

Bayern, yang tengah mengejar gelar juara ganda dalam liga domestik dan masih memiliki peluang di laga Liga Champions, hampir menyamakan kedudukan ketika tandukan Mario Gomez dihalau kiper belia Gladbach Marc-Andre ter Stegen.

Gladbach kemudian kembali melakukan serangan cepatnya di menit ke-41 melalui umpan jauh Mike Hanke ke arah Herrmann yang berhasil menerobos pertahanan lawan dan pemain berusia 20 tahun itu menaklukan Neuer dengan tembakan rendahnya sehingga skor menjadi 2-0 untuk Gladbach.

Herrmann kemudian kembali bekerja sama dengan Reus dalam satu serangan cepat mereka lainnya dan melesakkan gol ketiga bagi Gladbach pada menit ke-71.

Bastian Schweinsteiger memperkecil defisit gol itu dengan satu tembakan jarak dekatnya lima menit kemudian tetapi hal tersebut terlalu terlambat bagi Bayern untuk mengejar ketertinggalan mereka.

"Tim saya bermain sangat baik malam ini," ujar pelatih Borussia Moenchengladbach Lucien Favre. "Kami memainkan suatu pertandingan yang sangat taktis."

Sang juara liga Dortmund, di posisi ketiga dengan 34 poin, akan bertandang untuk melawan Hamburg SV pada Minggu sementara tim tempat-keempat Schalke 04 menjamu VfB Stuttgart pada Sabtu.

(A016/A008) 

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2012