Jakarta (ANTARA) - Tingkat pengangguran tersurvei di daerah perkotaan China berada di angka 5,9 persen pada Mei 2022, turun 0,2 poin persentase dibandingkan April, berdasarkan data resmi pada Rabu (15/6).

Sebanyak 5,29 juta lapangan pekerjaan baru di daerah perkotaan dibuka dari Januari hingga Mei 2022, menurut data dari Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China.

Pada Mei, tingkat pengangguran tersurvei di daerah perkotaan di kalangan masyarakat yang berusia antara 25-59 tahun, kelompok terbesar dalam pasar tenaga kerja, mencapai 5,1 persen.

Tingkat pengangguran tersurvei di 31 kota besar mencapai 6,9 persen pada Mei, papar data tersebut.

Tingkat pengangguran tersurvei di daerah perkotaan dihitung berdasarkan jumlah pengangguran yang mengikuti survei ketenagakerjaan di daerah-daerah perkotaan, termasuk pekerja migran di berbagai kota.

China bertekad menciptakan lebih dari 11 juta lapangan pekerjaan baru di daerah perkotaan dan mempertahankan tingkat pengangguran tersurvei di daerah perkotaan tidak lebih dari 5,5 persen pada 2022, ungkap sebuah laporan kerja pemerintah.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2022