Situbondo, Jawa Timur (ANTARA News) - Angin puting beliung menghantam enam kecamatan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu pagi.

"Jumlah pasti rumah yang rusak belum kami dapatkan karena petugas masih melakukan pendataan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Situbondo Zainul Arifin kepada ANTARA.

Keenam kecamatan itu adalah Mangaran, Panji, Kapongan, Panarukan, Sumbermalang dan Kecamatan Situbondo.

Zainul menjelaskan, saat kejadian, di enam kecamatan itu terjadi hujan deras disertai angin kencang serta puting beliung. Kerusakan rumah milik penduduk beragam, mulai ringan hingga sangat parah karena ada yang tertimpa pohon.

Mengenai jumlah korban, BPBD Situbondo mencatat dua orang luka, yakni Farhan (3) dan Siska (21). Kedua korban yang mengalami luka lecet saat ini sudah dibawa ke RSUD Situbondo. Informasi lain menyebutkan, sepasang suami istri- -Siwan dan Nawiyah-- juga luka-luka karena rumahnya tertimpa pohon. Keduanya sudah dirawat di rumah sakit.

Angin puting beliung yang menerjang Situbondo itu juga merubuhkan tiang listrik karena tertimpa pohon tumbang. Akibatnya listrik di Desa Taman dan Alas Tengah, Kecamatan Sumbermalang, padam.

Sebelumnya, 22 rumah di Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo, rusak akibat angin puting beliung, Senin (23/1), sementara dua rumah rusak akibat tertimpa pohon di Desa Gunung Malang, Kecamatan Suboh.

M026/Y008

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2012