Jakarta (ANTARA) -
Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional Kamis (16/6) kemarin, mulai dari Presiden Jokowi menerima kunjungan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier hingga Jusuf Kalla menyebut 2022 sebagai tahun politik yang romantis.

Berikut lima berita poltiik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Jokowi terima kunjungan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Federasi Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis.

Presiden Jerman Frank-Walter bersama delegasi terbatas tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan Kepala Negara Jerman tersebut turut diiringi oleh Pasukan Nusantara, Pasukan Berkuda, dan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Selengkapnya di sini

2. Kunjungan Presiden Steinmeier peringati 70 tahun Indonesia-Jerman
Presiden Joko Widodo menyebut kunjungan Presiden Federasi Jerman Frank-Walter Steinmeier ke Indonesia untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

"Tahun ini, kita memperingati 70 tahun pembukaan hubungan diplomatik Indonesia-Jerman. Ini merupakan momentum bagi Indonesia-Jerman untuk memperkuat hubungan," kata Presiden Jokowi saat pertemuan bilateral yang dihadiri delegasi kedua negara di Ruang Oval, Istana Kepresidenan Bogor, Kamis.

Selengkapnya di sini

3. Jokowi dan Presiden Jerman diskusi soal situasi Ukraina
Presiden RI Jokowi Widodo dan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier berdiskusi mengenai situasi perang di Ukraina dan kerja sama Indo-Pasifik dalam pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis.

"Perihal isu kawasan dan global kita bertukar pikiran mengenai situasi di Ukraina dan kerja sama Indo-Pasifik," ujar Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Selengkapnya di sini

4. KSP yakin Wamendagri John Wempi mampu percepat pembangunan Papua
Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani meyakini kehadiran putra Papua John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) akan mempercepat pembangunan Papua.

Menurut Jaleswari di Jakarta, Kamis, penunjukan John Wempi sebagai Wamendagri menjadi sejarah baru yang dicetak Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Selengkapnya di sini

5. Jusuf Kalla: 2022 merupakan tahun politik yang romantis
Wakil Presiden ke-12 M. Jusuf Kalla menyebutkan bahwa warsa 2022 ini merupakan tahun politik yang sangat romantis karena partai politik tengah mencari pasangan yang cocok untuk maju pada Pemilu 2024.

"Banyak yang mengatakan bahwa tahun ini politik akan panas. Saya katakan tidak, ini tahun politik yang sangat romantis," kata Jusuf Kalla saat menjadi pembicara pada Seminar Kebangsaan dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2022