Mekkah (ANTARA) - Calon haji yang sebelumnya dirujuk ke RS King Faisal Arab Saudi, sudah dipulangkan dan dirawat lebih lanjut di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Mekkah.

Kepala Seksi Kesehatan Daker Mekkah M Imran Saleh di Mekkah, Jumat, mengatakan saat ini kondisi pasien belum stabil namun terkontrol.

"Kondisinya belum stabil tapi terkontrol, pengobatannya bisa kita lanjutkan di sini," kata Imran.

Baca juga: Kantor Kesehatan Haji Mekkah jemput bola layani jamaah risiko tinggi

Pasien tersebut mengalai stroke dengan selulitis atau peradangan pada jaringan lunak, biasanya karena diabetes.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini pasien yang dirawat di KKHI Daker Mekkah sebanyak lima orang dengan kasus dehidrasi dan hipertensi.

Sebelumnya, Imran mengatakan satu orang dirujuk ke RS King Faisal karena stroke. Menurut Imran, pasien punya penyakit diabetes dan hipertensi akibat aktivitas yang berat sehingga terserang stroke.

Baca juga: Satu pasien dipulangkan ke kloter dari KKHI Mekkah

Imran menjelaskan bagi pasien yang dirujuk ke RS King Faisal, dokter KKHI melakukan kunjungan visitasi setiap hari untuk menjembatani pasien dengan dokter dan memastikan tindakan yang diterima pasien sesuai serta memberi dukungan moril agar cepat sembuh.

Salah satu pasien rawat inap di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah juga telah dipulangkan ke kloternya pada Kamis (16/6), pukul 13.56 Waktu Arab Saudi (WAS).

Pasien merupakan salah satu anggota jamaah calon haji dari kloter SUB 001 evakuasi dari Madinah yang sebelumnya dirawat karena adanya luka bakar di telapak kaki.

Baca juga: KKHI Daker Mekkah rawat lima pasien

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022